Siapkan Strategi Pembangunan Sambut IKN

Jumat 07-08-2020,10:03 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

Potensi pariwisata menjadi sektor potensial dikembangkan menyambut IKN. Seperti Pulau Maratua memiliki bandara untuk memudahkan akses wisatawan.

Tanjung Redeb, Disway – Sejumlah daerah tengah bersiap diri menyambut pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim. Termasuk Pemerintah Kabupaten Berau tengah mempersiapkan strategi pembangunan. Baik infrastruktur maupun perekonomian.

Bupati Berau, Muharram mengatakan, Bumi Batiwakkal akan diuntungkan dengan rencana tersebut. Jika pemindahan IKN benar-benar terwujud.

Seluruh potensi sumber daya alam (SDA) akan dioptimalkan. Untuk peningkatan perekonomian, baik sebagai asupan pendapatan daerah hingga kesejahteraan masyarakat.

“Harus mulai susun sejak awal. Apa yang akan kita persiapkan menghadapi IKN ini. Jika terwujud, maka jutaan orang bakal masuk ke Kaltim. Tentu ini peluang besar, yang perlu dipikirkan agar pertumbuhan ekonomi bisa semakin meningkat,” ujarnya.

Disampaikan Muharram, beberapa potensi yang bisa dikembangkan dan dimaksimalkan, diantaranya sektor pariwisata. Potensi ini memiliki peluang sangat besar sebagai sumber pendapatan daerah nantinya. Dengan modal keindahan destinasi wisata kelas dunia. Seperti Pulau Derawan dan Maratua. Tentu pengelolaan harus diseriusi mulai saat ini.

“Saya sudah minta Disbudpar agar menyusun data base pariwisata di Berau. Mau dikelola seperti apa wisata yang kita miliki. Sehingga pengelolaan lebih professional dan terarah. Tentu ini bakal berkembang lebih maju lagi,” katanya.

Kemudian sektor perkebunan. Muharram menyampaikan, dengan luasan lahan yang belum digarap optimal, tentu potensi ini masih terbuka lebar untuk dimaksimalkan. Bahkan, daerah mulai sekarang harus merencanakan untuk hilirisasi dari hasil perkebunan. Sehingga memiliki nilai ekonomis lebih tinggi.

“Yang pasti seluruh sektor di Berau masih sangat potensial untuk dikembangkan. Jika IKN ini terwujud dan daerah sudah siap dari seluruh sektor, tentu pertumbuhan ekonomi akan semakin tinggi,” pungkasnya. (humas)

Tags :
Kategori :

Terkait