Dandim 0912 Kubar Sebut, Pada 2022 Akan Berdiri Kodim Mahulu

Kamis 30-07-2020,20:22 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Komandan Kodim 0912/KBR, Letkol Inf Anang Sofyan Effendi.(imy/nomorsatukaltim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Komandan Kodim 0912 Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Letkol Infanteri Anang Sofyan Effendi mengatakan, pada tahun 2022 mendatang, akan berdiri Komando Distrik Militer (Kodim) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Hal itu menurutnya, telah dikoordinasikan dengan Korem 091/Aji Surya Natakesuma Kodam VI Mulawarman. Bahkan saat ini lahan untuk pembangunan markas komando (Mako) Kodim Mahulu telah ada.

“Sudah masuk dalam rencana strategis pembangunan TNI, memang sudah dianggarkan. Dialokasikan dana dari Mabes TNI, Kementerian Pertahanan, untuk berdirinya Kodim Mahakam Ulu,” jelas Dandim 0912/Kbr Anang Sofyan Effendi kepada nomorsatukaltim, Kamis (30/7/2020).

Dandim menegaskan, terkait akan berdirinya Kodim Mahulu, memang sudah didalam perencanaan. Sedangkan untuk mendirikan makonya, telah disiapkan lahan.

“Seluas tujuh hektare, hibah dari Pemkab Mahulu, lokasinya diareal komplek perkantoran Pemkab Mahulu di Ujoh Bilang. Hanya menunggu realisasi dari atas saja untuk pembangunannya,” paparnya.

Dia menambahkan, Kodim 0912 Kubar hanya menunggu petunjuk dari Korem 091/ASN Kodam VI Mulawarman, serta Kementerian Pertahanan melalui Mabes TNI.

“Nantinya tinggal menunggu perintah untuk melaksanakan pembangunannya. Rencana, diperkirakan pada 2022 sudah berdiri Kodim Mahakam Ulu,” bebernya.

Dandim menjelaskan, saat ini Kabupaten Mahulu masih dalam wilayah teritorial Kodim 0912 Kubar. Kondisi wilayah dua kabupaten yang berjauhan dan luas, memang Mahulu sangat memerlukan memiliki Kodim sendiri.

“Saat ini Mahulu yang terdiri dari 5 kecamatan, hanya dibackup oleh tiga koramil. Yakni Koramil Long Apari, Koramil Long Pahangai, dan Koramil Long Bagun. Dua kecamatan, Long Hubung dan Laham masih dibawah Koramil Long Iram, Kubar,” tuturnya.

“Kedepan setelah terbentuk Kodim Mahulu, maka secara otomatis akan ada penambahan koramil,” tandas Anang Sofyan Effendi.(imy)

Tags :
Kategori :

Terkait