Menyelamatkan Kantong Semar Nan Eksotis dari Kepunahan

Minggu 26-07-2020,22:30 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Namun saat pemilik ingin memanfaatkan lahannya, tanaman ini akan dibabat habis. Oleh karena itu, ia berupaya menyelamatkannya. Menanamnya di pekarangan rumah.

Beberapa bibit ia ambil. Ia budidayakan. Ia perbanyak. "Saya sudah punya 300 pokok kantong semar. Sebagian besarnya dari stek batang. Sekarang saya mau coba menanam dari bijinya," jelas Ghofar.

Banyak kantong semar dari hasil budidayanya itu ia berikan ke beberapa kawan. Tujuannya ya untuk edukasi itu. "Saya tulari mereka dulu untuk suka tanaman ini," tandasnya.

Penurunan populasi kantong semar disebabkan banyak hal. Selain lahan tergusur bangunan, juga karena semakin berkurangnya habitat mereka akibat perambahan liar. Tanaman ini banyak dicari untuk diperjualbelikan.

Ia berharap perhatian segera diberikan. Karena spesies ini sangat eksotis. Akan langka. Maka jangan sampai punah. Jika punah, bukan hanya menjadi kehilangan bagi Indonesia saja namun juga dunia. Rencana jangka panjang, ia bertujuan untuk membuka konservasi kantong semar.

"Saya bangun dulu komunitasnya. Nanti saya akan coba berkomunikasi dengan DLH (Dinas Lingkungan Hidup)," tutupnya. (rsy/eny)

Tags :
Kategori :

Terkait