Sinergi Kemenparekraf dan DPR RI, 1400 Paket BALASA Untuk Pelaku Parekraf yang Terdampak Covid-19

Rabu 22-07-2020,17:08 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Timur, Hetifah Sjaifudian, memaparkan program ini secara virtual. (Topan/nomorsatukaltim)

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Hetifah Sjaifudian, anggota DPR RI Dapil Kalimantan Timur, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi X DPR RI, menyalurkan 1400 paket Bantuan Bahan Pokok dan Lauk Pauk Siap saji (BALASA). Rabu (22/7).

Bantuan diberikan kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalimantan Timur, yang terdampak akibat Covid-19.

Hadir secara fisik, acara yang bertempat di Polresta Samarinda tersebut dihadiri sejumlah pejabat. Diantaranya, Kasi Pemasaran Area IV Kemenparekraf RI, Yan Permana, Sekretaris Dinas Pariwisata Samarinda, Masrullah dan Wakil Kepala Polresta Samarinda, Dedy Agustono.

Berbagai perwakilan organisasi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif seperti Bubuhan Kopi Samarinda, Pengrajin Manik Samarinda, UKM samarinda, serta Himpunan Pramuwisata Indonesia Samarinda pun turut hadir untuk penyerahan secara simbolis paket bantuan tersebut.

Acara yang diselenggarakan juga secara virtual melalui zoom meeting ini dibuka oleh Sri Wahyuni, selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim. yang menyatakan apresiasi atas sinergi antar dalam penyaluran BALASA ini.

“Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Kemenparekraf bekerjasama dengan komisi X dan jajaran Polri di Samarinda atas upaya bersama memulihkan pariwisata," Jelas Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni, melalui zoom meeting.

Dia berharap BALASA ini dapat menjadi stimulus bagi sektor pariwisata di Kalimantan Timur.

Senada dengan Kadispar Kaltim, Hetifah Sjaifudian sebagai penggagas acara tersebut secara virtual menyampaikan pentingnya kolaborasi antar lembaga dalam memulihkan sektor parekraf.

“Mudah-mudahan acara ini dapat dilihat sebagai simbolisasi kerjasama yang baik antar lembaga. Ibu Kadispar semoga dapat terus menjembatani daerah dengan pusat,”ujar Hetifah yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Kerja Pemulihan Pariwisata DPR RI.

Hetifah juga menambahkan bahwa akan diadakan beragam program dan bantuan untuk sektor Parekraf Kaltim dalam beberapa bulan ke depan. “Selain program BALASA yang sudah dilaksanakan di Balikpapan dan Samarinda, masih banyak program lain yang akan kita lakukan bersama.

L Baik kelanjutan BALASA di Kutai Kartanegara, Paser, dan Berau pada awal bulan Agustus, bersih-bersih destinasi agar ketika memasuki new normal dengan tatanan baru, juga sosialisasi new normal dengan panduan-panduan yang diberikan,”paparnya.

Dengan total 7050 paket bantuan BALASA di Kalimantan Timur, Hetifah menutup pembukaan acara tersebut dengan sebuah motivasi.

“Dengan berbagai program pemulihan pariwisata, semoga kita bisa menunjukkan kepada Indonesia bahwa pariwisata Kaltim siap!” pungkasnya. (sam/top)

Tags :
Kategori :

Terkait