Zairin-Sarwono Mengaku Lolos Tahap Verifikasi Faktual

Jumat 17-07-2020,21:47 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Bakal pasangan calon (Bapaslon) Zairin Zain-Sarwono mengaku lolos tahapan verifiksi faktual (verfak). Satu langkah persyaratan pencalonan pilkada akhirnya dilalui. Hal itu disampaikan Ketua Tim Pemenangan Zairin-Sarwono, Mursyid Abdurrasyid.

"Total ada 51.655 dukungan. Jumlah ini, sudah melebihi batas minimal yang disyaratkan KPU Samarinda, yakni 43.977 dukungan," beber Mursyid.

Menurutnya, lolosnya Zairin-Sarwono ini melewati proses yang sangat panjang. Sejak mendeklarasikan diri berpasangan pada 29 September lalu. Kemudian verifikasi administasi pada 24 Februari 2020. Hingga verifikasi faktual yang dimulai sejak 24 Juni hingga 12 Juli. Pasangan ini sebelumnya mengumpulkan lebih dari 92.000 surat dukungan.

Kemudian yang lolos verifikasi internal sekira 71.000 dukungan. Disetorkan ke Silon KPU Samarinda sebagai syarat perseorangan sebanyak 69.300 dukungan. Verifikasi administrasi KPU Samarinda sekira 67.500 dukungan, dan terakhir yang dinyatakan lolos verifikasi faktual sebanyak 51.655 dukungan.

"Atas hasil tersebut, Ketua Timses Zairin Zain-Sarwono, saya, menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Samarinda yang sudah memberikan dukungan dan seluruh tim," ucapnya.

Dihubungi secara terpisah, Sarwono pun merasa yakin ia dan Zairin akan lolos di tahapan verfak. Sarwono menjelaskan semua data-data dan angka yang ada adalah hasil pleno PPK.

"Nanti pleno KPU hanya rekap lagi komulatif dari seluruh kecamatan menjadi pleno KPU Samarinda, sama halnya dengan kita perhitungan Pileg dan Pilpres," katanya.

Terkait langkah selanjutnya yang akan dilakukan, Sarwono menuturkan akan menunggu undangan resmi dari KPU Samarinda untuk pleno.

"Intinya kita mengucapkan terimakasih buat yang sudah memilih, sisanya kita tunggu undangan saja," tandasnya.

(nad/boy)

Tags :
Kategori :

Terkait