Bantuan untuk Elizabeth Disalurkan

Bantuan untuk Elizabeth Disalurkan

WABUP Agus Tantomo menyerahkan bantuan dari penggalangan dana PMI bersama beberapa komunitas kepada Rofinus Bata, orangtua Elizabeth, bocah yang mengalami gizi buruk, anemia dan hipokalemik.

Tanjung Redeb, Disway – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Berau, yang juga Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, Rabu (15/7), menyerahkan bantuan untuk Elizabeth, Bocah 7 tahun yang kini menjalani perawatan di RSUD dr Abdul Rivai Tanjung Redeb. Bocah Kampung Melati Jaya, Kecamatan Gunung Tabur tersebut mengalami gizi buruk, anemia dan hipokalemik.

Meringankan beban keluarga Elizabeth, jajaran PMI bekerja sama dengan beberapa komunitas motor seperti YMCL-MX Club Indonesia, 2-stroke dan 29 desain, menggalang dana dari masyarakat. Hasil penggalangan dana dihimpun dan langsung diserahkan kepada orangtua Elizabeth yang selalu setia mendampingi selama perawatan.

“Teman-teman dari beberapa komunitas menggalang dana dan terhimpun sekitar Rp 8,5 juta, tadi dari saya pribadi selaku ketua PMI juga melengkapi untuk membantu meringankan beban keluarga,” ungkapnya.

Namun ditegaskan Wabup Agus Tantomo, terkait kasus gizi buruk ini sebenarnya bukan pada bentuk bantuan yang diberikan. Akan tetapi lebih dari itu soal kinerja pelayanan kesehatan masyarakat yang harus lebih mendapat perhatian yang serius.

Wabup Agus Tantomo berharap kasus seperti yang dialami Elizabeth menjadi perhatian bersama. Khususnya bagi pemerintah kampung maupun organisasi perangkat daerah (OPD) teknis untuk memastikan tidak ada anak anak gizi buruk di wilayahnya. Jika pun ada maka diharapkan bisa langsung tertangani dengan segera.

“Seperti kasus yang dialami adik kita ini, bukan baru, tapi sudah sakit sejak usia 8 bulan dan sampai sekarang sudah 7 tahun,” tegasnya.

Untuk itu, Agus Tantomo berharap kepada masyarakat siapa saja yang mengalami masalah gizi bukan atau mengetahui ada masyarakat di lingkungannya yang mengalami gizi buruk untuk segera melaporkan kepada pemerintah setempat.

Pemerintah kampung maupun instansi terkait diharapkannya juga bergerak cepat melakukan penanganan agar kasus semacam ini cepat tertangani.

“Saya akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait, harapannya jangan sampai kasus kasus semacam ini jangan sampai terjadi, karena ini adalah tanggung jawab penuh pemerintah,” tandasnya.

Sementara untuk penanganan Elizabeth selama menjalani perawatan di rumah sakit, disampaikan Agus, berdasarkan komunikasi dengan perawat telah mengalami perkembangan yang semakin membaik.

Dia berharap, dengan penanganan serius, Elizabeth dapat kembali sehat dan beraktivitas seperti anak-anak pada umumnya. Wabup Agus Tantomo juga sudah memastikan kepada pihak rumah sakit, kalau biaya selama perawatan sudah ditanggung pemerintah. HUMAS/APP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: