PJU Rusak, Rawan Kriminal

PJU Rusak, Rawan Kriminal

LAMPU PJU yang rusak di sejumlah titik di Kampung Labanan Makmur, Kecamatan Teluk Bayur.

Tanjung Redeb, Disway – Menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti tindak kejahatan di malam hari. Pemerintah Kampung Labanan Makmur, Kecamatan Teluk Bayur berharap kerusakan lampu penerangan jalan umum (PJU) dapat diperbaiki.

Kepala Kampung Labanan Makmur Mufid Datusahlan mengatakan, ada 26 lampu PJU yang terpasang di 13 RT di wilayahnya. Hanya kata dia, dari jumlah tersebut hanya 8 lampu yang berfungsi hingga sekarang.

“Sementara ada 18 lampu PJU di 7 RT yang mengalami kerusakan sejak setahun terakhir. Ada juga beberapa yang sudah tidak ada lampunya,” ungkapnya saat dihubungi Disway Berau, Minggu (15/7).

Menurutnya Mufid, dengan tidak berfungsinya belasan PJU itu membuat wilayahnya rawan dengan tindakan kriminal, khususnya aksi pencurian lantaran wilayah yang gelap dan sepi.

Bahkan, kasus pencurian sudah beberapa kali terjadi, terutama di lingkungan yang gelap dan sepi. “Kalau aksi kriminal seperti pencurian memang sering terjadi terutama di wilayah yang lampu PJU nya mati. Tiga bulan lalu juga ada warga kemalingan, umumnya yang hilang itu handphone dan perhiasan,” ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya bukan tanpa upaya dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat (Kamtibmas) di kampungnya. Diantaranya dengan melakukan jaga malam di setiap pos kamling yang tersebar di 13 RT.

Akan tetapi, gangguan kamtibmas masih saja kerap terjadi di wilayahnya. Apalagi dijelaskannya, wilayah Labanan Makmur cukup luas dan gelap, membuat upaya pencegahan yang dilakukan warganya tidak maksimal.

“Ada beberapa sempat dikejar tapi tidak dapat. Namun karna wilayah di sini luas dan akses jalan masuknya banyak, beberapa maling yang sempat didapati warga bisa melarikan diri,” terangnya.

Dirinya pun berharap, kerusakan belasan lampu PJU di kampungnya tersebut mendapat perhatian dari pemerintah terkait. Sebab menurutnya, dengan kondisi lingkungan kampung yang terang dapat mengurangi tindak kejahatan, khususnya pencurian.

“Karena kalau lampu PJU yang rusak itu menyala, maka potensi tindak kejahatan akan berkurang, bahkan dapat dicegah dibandingkan lingkungan yang gelap. Harapannya jadi perhatian instansi terkait,” pungkasnya. */ZZA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: