Raih WTP Perdana, DPRD Apresiasi Pemkab Mahulu

Raih WTP Perdana, DPRD Apresiasi Pemkab Mahulu

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh saat menyerahkan nota pengantar Raperda kepada Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan. (Ochid/DiswayKaltim)

Mahulu, Diswaykaltim.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) mengapresiasi Pemerintah Daerah (Pemda) Mahulu atas keberhasilan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2020 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI).

Hal itu disampaikan dalam Rapat Paripurna VI Masa Sidang II Tahun 2020 dengan agenda Penyampaian Nota Pengantar Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 pada, Selasa (7/7/2020) pagi sekitar pukul 11.00 Wita di Ruang Rapat Gedung Bappeda, Ujoh Bilang.

Hadir dalam rapat, Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan bersama Wakil Ketua I Tiopilus Hanye dan Wakil Ketua II Marhin Hat, serta Sekwan Hondrata Yulita Usun.

Kemudian hadir pula Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh didampingi Wakil Bupati Juan Jenau. Serta 12 anggota DPRD Mahulu dan Muspika.

"Beberapa hari lalu Mahulu berhasil meraih WTP untuk pertama kalinya. Dan ini menjadi tolok ukur keberhasilan Pemkab dalam mengelola keuangan daerah. kondisi itu tentu saja sangat kami apresiasi," ucap Novita Bulan pada sambutan.

Sementara itu Bupati Mahulu, Bonifasius mengatakan, penyampaian pertanggungjawaban ini merupakan kewajiban pemkab sesuai aturan pemerintah tentang keuangan negara. Dan juga tentang pelaksanaan pemerintah daerah yang telah melalui pemeriksaan laporan keuangan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

“Pemeriksaan keuangan pemkab Mahulu oleh BPK berlangsung bertahap sejak 17 Januari 2020, sesuai pedoman pengelolaan keuangan daerah dan standar akuntasi pemerintah serta peraturan menteri keuangan," jelasnya.

Ia juga merangkan bahwa prestasi ini menjadi bukti keseriusan Pemkab Mahulu dalam melaksanakan pembangunan sekaligus mengelola keuangan daerah dengan penuh kehati-hatian.

“Realisasi keuangan yang menghasilkan opini WTP ini tentu jadi tolak ukur untuk meraih hasil yang sama dalam pembangunan Mahulu dimasa depan," tambahnya. (Adi/Byu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: