Agustus, Gelar Turnamen Catur

Agustus, Gelar Turnamen Catur

PENGURUS Percasi dan KONI Berau usai membahas program kerja, beberapa hari lalu.


Tanjung Redeb,Disway – Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Berau, rencananya akan menggelar turnamen pada Agustus mendatang.

Turnamen catur yang bertajuk ‘Kadin Berau Cup 2020’, itu juga sebagai salah satu upaya mematangkan persiapan untuk terjun di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2021 mendatang, dan
Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim VII pada 2022.

Dikatakan Ketua Percasi Berau Fitrial Noor, ada 3 kategori yang akan dilombakan. Di antaranya, kategori junior A yang pesertanya terdiri dari pelajar SD dan SMP/sederajat. Kemudian, untuk junior B terdiri dari SMA/sederajat.

“Ada juga kategori untuk antar klub-klub catur di Kabupaten Berau. Event ini dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan pengurus Percasi Berau,” ujarnya, Rabu (1/7).

Untuk persyaratan kategori pelajar harus memiliki kartu pelajar, serta surat pengantar dari sekolah. Sementara, khusus klub wajib mendaftarkan lebih dulu klubnya. Untuk masing-masing klub pesertanya dibatasi, yakni 1 klub maksimal mengirimkan 2 tim yang terdiri dari 5 orang per tim.

“Untuk total hadiah Rp 10 juta. Turnamen ini sekaligus sarana seleksi atlet usia dini untuk diturunkan di Popda 2021, serta persiapan atlet menghadapi Porprov 2022,” ujarnya.

Selain itu, Percasi Berau juga akan menginventarisasi calon pelatih yang akan terlibat dalam proses seleksi atlet. Di sisi lain, dia juga menyatakan serius untuk membuka sekolah catur di Berau sebagai langkah membina atlet potensial.

“Percasi Berau juga akan melakukan pendataan dan pembinaan terhadap klub catur yang ada di Berau,” ujarnya.

Terkait rapat yang digelar pihaknya beberapa hari lalu, dikatakan, juga sekaligus menerima tim monitoring dan evaluasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Berau yang dipimpin Sekretaris Umum Iwan Rifani, dan didampingi Ketua Pembinaan Prestasi (Binpres) Suhud.

“Kami juga melakukan diskusi terkait semua rencana pembinaan, dan persiapan untuk rekrutmen atlet. Semua masukan, saran dan pendapat dari tim monev akan dijadikan catatan dalam pelaksanaan program kerja Percasi Berau,” ujar pria yang juga Wakil Ketua III KONI Berau. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: