BP Jamsostek Balikpapan Dukung Program BUDE Lele

BP Jamsostek Balikpapan Dukung Program BUDE Lele

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Dukung program budidaya lele, BP Jamsostek Cabang Balikpapan memberikan bantuan puluhan ember sekaligus bibit lele dan kangkung kepada PKK Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat.

Bantuan seperangkat budidaya lele tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Cabang BP Jamsostek Balikpapan, Ramadan Sayo, kepada Lurah Margasari Ride, yang disaksikan Ketua Penggerak PKK Balikpapan yang juga isteri Wali Kota Balikpapan Arita Rizal Effendi beserta jajaran BP Jamsostek Balikpapan serta warga pembudidaya lele, di Kantor Kelurahan Margasari, Kamis (2/7).

Ramadan Sayo menuturkan bantuan yang diberikan sebagai bentuk kepedulian untuk membantu masyarakat terdampak pandemi sekaligus menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan kota Balikpapan. Apalagi program yang dikenal BUDE Lele ini tengah gencar dilaksanakan kota Balikpapan.

“Melalui budidaya lele hasil yang diperoleh bukan hanya bisa diolah sendiri sebagai pangan keluarga namun bisa menambah nilai ekonomi. Bentuk dukungan kami, dengan memberikan bantuan perlengkapan dan bibit untuk budidaya,” katanya.

Diapun berharap kegiatan budidaya lele bukan hanya di kelurahan Margasari tapi bisa menyebar di kelurahan lainnya. Sehingga bisa membantu ekonomi keluarga khususnya dalam pangan.

“Harapan kami program dan dukungan yang bisa kami berikan bukan pada kelurahan ini saja tapi bisa menyebar ke lainnya,” ucapnya.

Selain memberikan bantuan perlengkapan dan bibt budidaya lele, pihaknya mensosialisasikan program Jamsostek untuk peserta informal. Hanya dengan Rp16.800 peserta mendapatkan manfaat jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. “Mudah-mudahan kegiatannya bisa sinergi supaya pekerja informal dapat terlindungi setelah menjadi peserta Jamsostek. Khususnya bagi ibu-ibu, pedagang dan lainnya,” ujar Ramadan Sayo. Selain itu, satuan tugas kebersihan kelurahan Margasari juga mendapatkan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Tim penggerak PKK se-Balikpapan diharapkan juga bisa mengikuti jejak TP PKK kelurahan Margasari yang sudah memiliki perlindungan Jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.”

Ketua Penggerak PKK Balikpapan Arita Rizal Effendi mengapresiasi BP Jamsostek yang memberikan bantuan tersebut. Diketahui dampak pandemi terkena pada sejumlah sektor usaha. “Daya beli masyarakat juga menurun, PHK terjadi dan upah atau gaji juga dikurangi. Maka dengan program budidaya lele diharapkan bisa membantu masyarakat yang terdampak,” tukasnya.

Bantuan yang diberikan BP Jamsostek tersebut menurut isteri Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi ini berkat silahturahmi yang sudah terjaga sehingga tumbuh kepedulian antar sesama. “Berkat silahturahmi maka rasa sosial untuk saling membantu tumbuh. Harapannya budidaya lele bisa diberikan kepada warga terdampak dan masyarakat yang ingin budidaya untuk membantu meningkatkan ekonomi keluarga dan ketahanan pangan,” pungkasnya. (fey)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: