Pekerja Luar Balikpapan Rawan Terpapar Pandemi

Pekerja Luar Balikpapan Rawan Terpapar Pandemi

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat memberi keterangan pers kepada wartawan, kemarin. (Ryan/Disway)

Balikpapan, diswaykaltim.com - Pekerja luar daerah cenderung terpapar pandemi. Pemkot berencana memanggil pimpinan perusahaan.

Setidaknya lebih dari 50 pimpinan perusahaan. Di dominasi perusahaan migas dan tambang. Yang pekerjanya dinyatakan terkonfirmasi positif. Pimpinannya diminta hadir. Di Balai Kota. Untuk dimintai penjelasan. Bagaimana solusi terbaik penanganan masalah tersebut.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi akan menekankan evaluasi. Mencari solusi deteksi dini. Para pekerja luar daerah. "Pertama kami cek protokol kesehatan di lingkungan mereka," ujarnya, Senin (29/6).

Tim Gugus Tugas memiliki opsi baru. Untuk pengujian swab. Dengan PCR. "Misalnya kalau ke Kukar, apa perlu di tiap daerah dilakukan uji swab lagi," ungkapnya.

Rizal menyebut, sebagian besar uji swab PCR masih dilakukan di Balikpapan. Namun kini ada perubahan baru. Untuk daerah, seperti Kukar dan Kutim membuat kebijakan. Bahwa pemeriksaan PCR dilakukan di daerah masing-masing. "Karena lebih dekat dengan pekerjaannya," imbuhnya.

Selain itu, Rizal menjelaskan pertemuan para pimpinan perusahaan. Dilakukan bertahap. Untuk tahap pertama cuma melibatkan 20 sampai 30 perusahaan. "Kami undang perusahaan yang besar-besar," katanya. (ryn/hdd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: