586 Warga PPU Terima Bansos Terencana

586 Warga PPU Terima Bansos Terencana

PENAJAM, DiswayKaltim.com - Sebanyak 586 warga Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menerima bantuan sosial (bansos) terencana. Bantuan dengan total senilai Rp 651 juta tersebut diberikan kepada penyandang disabilitas, veteran dan janda veteran.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) PPU Bagenda Ali mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk nyata perhatian negara kepada para pejuang yang ada di Kaltim. Adapun dana bantuan bersumber dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Diharapkan bantuan ini bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari," ungkapnya saat penyerahan simbolis kepada perwakilan penerima, Jumat (26/6).

Bantuan tunai tersebut disalurkan melalui BRI. Untuk penyandang disabilitas masing-masing menerima Rp 1.000.000, veteran senilai Rp 3.000.000 dan janda veteran sebesar Rp 2.500.000.

Jumlah penerima bantuan yang ada di daerah berjuluk Benuo Taka ini diketahui lebih besar ketimbang tahun sebelumnya. Ia berharap tahun selanjutnya mendapatkan alokasi yang lebih meningkat.

Sehingga, lanjutnya, mereka yang belum tersentuh juga dapat segera menerima bantuan yang sama.

"Apalagi saat ini masa pandemi COVID-19," ujarnya.

Syarat yang dibutuhkan sebagai calon penerima bantuan ialah melampirkan data terkait penerima bantuan. Misalkan bagi mereka penyandang disabilitas, dengan jelas terdata calon penerima bantuan benar-benar memiliki kelainan fisik atau cacat.

Terkecuali untuk bantuan seperti veteran atau janda veteran sudah jelas diketahui atau terdata.

Bagenda menyebutkan, pihaknya akan terus berupaya agar penerima bantuan tersebut dapat bertambah di tahun 2021 mendatang. Pihaknya juga terus mengumpulkan data yang ada baik mulai tingkat desa, kelurahan hingga kecamatan.

"Harapannya perhatian pemerintah lebih ditingkatkan kepada para veteran dan janda veteran juga perhatian kepada penyandang disabilitas," pungkasnya. (rsy/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: