Kukar Gencarkan Rapid Test, Sasar Pelaku Sektor Kuliner

Kukar Gencarkan Rapid Test, Sasar Pelaku Sektor Kuliner

KUKAR, DiswayKaltim.com - Ratusan masyarakat mengikuti rapid test yang digelar Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Rapak Mahang Tenggarong.

Sebagian besar diikuti oleh pedagang kaki lima (PKL), pedagang angkringan, rumah makan, kafe dan restoran. Kegiatan dipusatkan di kawasan Angkringan Kota Raja Kayu Ulin, Rabu (24/6/2020).

Diketahui, Puskesmas Rapak Mahang Tenggarong menyiapkan setidaknya 500 alat Rapid Diagnostic Test (RDT). Dan rencananya dilaksanakan selama dua hari. Sejauh ini tidak ada hasil yang ditemukan reaktif.

"Sejauh ini hasilnya non-reaktif semua," kata Kepala Puskesmas Rapak Mahang, Immanuel Robert pada Disway Kaltim, Rabu (24/6).

Robert menyebut, apabila ditemukan yang hasilnya reaktif. Yang bersangkutan akan akan segera diarahkan dan dibawa ke RSUD AM Parikesit Kutai Kartanegara. Untuk segera dilakukan tes swab tenggorok atau PCR. Selanjutnya rapid test juga akan dilakukan kepada tenaga medis dan relawan.

"Ke depan Diskes akan melakukan uji rapid test juga untuk tenaga kesehatan dan relawan yang selama ini membantu penanganan COVID-19," ujar Robert, lagi.

Namun, di tengah-tengah kegiatan tes, seorang wanita tiba-tiba terjatuh dan mengalami kejang-kejang. Saat dikonfirmasi kepada Koordinator Rapid Test Puskesmas Rapak Mahang Tenggarong Nanik Kristianti, ia menyebut jika wanita tersebut memiliki penyakit epilepsi yang kambuh.

Untuk menghindari hal yang lebih fatal, wanita tersebut langsung dibawa menggunakan ambulans ke Puskesmas Rapak Mahang Tenggarong. Selanjutnya dirujuk ke rumah sakit. "Kemungkinan rapid test-nya di rumah sakit, jadi kita belum dapat info hasilnya," tutup Nanik. (mrf/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: