Gerindra Juga MURI, Tunggu Golkar

Gerindra Juga MURI, Tunggu Golkar

Surat rekomendasi dari DPP Gerindra yang ditandatangani Prabowo Subianto, di mana mengusung pasangan MURI.

Tanjung Redeb, Disway – Langkah pasangan calon Muharram-Syarifatul Sya’diah (Muri) kian pasti berduet dalam kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020, itu dibuktikan dengan rekomendasi DPP Partai Gerindra tertanggal 16 April 2020.

Keputusan dukungan pasangan Muri tertuang dalam surat DPP Partai Gerindra Nomor: 04-758/Rekom/DPP-Gerindra/2020, tentang Rekomendasi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Berau Pilkada 2020. Dalam surat yang diterbitkan di Jakarta pada 16 April 2020, ditembuskan kepada Ketua DPD Gerindra Kaltim, pasangan Muri, Anggota DPR, DPRD Kaltim hingga DPRD Berau.

Salah satu poin dalam rekomendasi itu, DPC Partai Gerindra Berau diminta untuk berkoordinasi dengan pasangan calon untuk mempersiapkan pencalonan, pengamanan hingga memenangkan pilkada serentak 2020.
Muharram, dipastikan bakal diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang notabennya sudah memiliki 4 kursi, ditambah dengan Gerindra punya 2 kursi, sehingga tiket untuk maju di Pilkada 2020 sudah memenuhi syarat.

Ketua DPD PKS Berau, Muharram memastikan, dirinya telah mengantongi tiket maju pilkada di Bumi Batiwakkal dari DPP Partai Gerindra. Dukungan itu, menambah amunisi syarat maju pilkada 2020, yakni minimal enam kursi di legislatif.

“PKS 4 kursi ditambah 2 kursi dari Partai Gerindra, untuk maju sudah mulus jalannya,” katanya kepada Disway Berau sembari menunjukkan surat rekomendasi dari DPP Gerindra yang ditandatangani Prabowo Subianto, Kamis (18/6).

Lanjut Muharram, kini tinggal menunggu kepastian meminang kader Partai Golkar, yakni Syarifatul Sya’diah untuk bertarung di pilkada 2020. Serta, menunggu respons sejumlah partai politik (parpol) lainnya, guna memperkuat koalisi di perhelatan pesta demokrasi nantinya.

“Insya Allah, ini menjadi awal yang baik. Kami berharap, semakin banyak parpol yang merapat untuk berkoalisi. Yang jelas komitmen bersama untuk menang di pilkada,” pungkasnya.

Sementara, Sekretaris DPC Gerindra Berau, Feri Kombong, dikonfirmasi terkait rekomendasi DPP Gerindra, membenarkan keabsahan rekomendasi tersebut, terhadap pasangan calon Muharram-Syarifatul (Muri). Namun, pihaknya masih menunggu kepastian rekomendasi Syarifatul Syadiah dari Partai Golkar.

“Jika sudah mantap, kami langsung bergerak melakukan komunikasi dengan pasangan calon, guna persiapkan pencalonan hingga memenangkannya. Jika sebaliknya dan pasangan berubah, surat akan direvisi ulang,” jelasnya.

Demokrat dikabarkan juga akan merapat ke MURI, namun saat dikonfirmasi DPC Partai Demokrat Berau belum mengetahui pasti kapan turunnya rekomendasi pasangan calon kepala daerah yang akan diusung di pilkada 2020. Sejauh ini, masih menunggu keputusan dari DPP Partai Demokrat.

Diungkapkan Wakil Ketua I DPC Partai Demokrat Berau, Edi Santoso, dari beberapa wilayah yang akan menggelar kontestasi politik pada 9 Desember mendatang, baru dua daerah di Indonesia yang menerima tiket maju pilkada dari DPP Partai Demokrat.

Untuk Berau, pihaknya belum bisa memastikan kapan turunnya rekomendasi pasangan calon yang akan diusung di pilkada serentak 2020, karena masih proses di DPP Partai Demokrat.

Pasalnya, pandemik Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) membatasi ruang gerak percepatan turunnya rekomendasi, koordinasi hanya sebatas telekomunikasi. Kendati demikian, Dia memastikan rekomendasi akan terbit dalam waktu dekat.

“Sejauh ini untuk Berau masih proses, kemungkinan awal Juli rekom sudah keluar,” katanya kepada Disway Berau, Kamis (18/6).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: