Dinsos Samarinda Segera Salurkan Sembako untuk 78.908 Orang

Dinsos Samarinda Segera Salurkan Sembako untuk 78.908 Orang

Samarinda, DiswayKaltim.com - Paket sembako tahap kedua sudah disalurkan. Pemkot Samarinda menyalurkan kepada 78.908 penerima. Hal demikain ditegaskan kepala dinas sosial (Dinsos) Samarinda Ridwan Tassa.

Ia menyebut paket sembako ini mulai disalurkan sejak beberapa hari yang lalu. Bahkan, penyerahan secara simbolis langsung dilakukan oleh Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang, di Kelurahan Air Putih, Samarinda Ulu, Jumat (19/6/2020).

"Kami menargetkan seluruh bantuan sudah tersalurkan dalam kurun waktu satu minggu. Soalnya pada tahap pertama kami menyelesaikannya dalam waktu satu minggu juga," ucap Ridwan Tassa, Jumat (19/6) siang.

Ridwan menjelaskan, pelaksanaan bantuan sosial ini dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda. Adapun peran Dinas Sosial disini untuk mengumpulkan data masyarakat yang berhak menerima bantuan. "Kami dibantu dengan Diskominfo untuk melakukan verifikasi data penerima bantuan. Jadi tidak ada lagi data yang saling tumpang tindih," kata Ridwan.

Berkaca dari bantuan sosial tahap pertama, ujar Ridwan, pihaknya sendiri telah melakukan evaluasi agar kekurangan program sebelumnya, tidak terulang untuk di tahap kedua. Salah satunya terkait pendataan warga yang berhak menerima bantuan.

Ridwan membeberkan, pada tahap pertama sendiri, jumlah masyarakat yang berhak menerima bantuan berjumlah 35 ribu orang. Namun, untuk tahap kedua ini jumlahnya bertambah menjadi 78.908 orang. "Iya bertambah dua kali lipat. Ini kan termasuk mahasiswa perantau yang tidak bisa pulang. Tentu akan kami bagikan kepada mereka semua," imbuhnya.

Untuk penyaluran bantuannya sendiri, lanjut Ridwan, pihaknya masih memanfaatkan ojek online (Ojol). Guna mendistribusikannya langsung ke rumah warga. "Kalau kemarin kan lebih didominasi satu perusahaan ojol. Tetapi Kali ini kami mencoba menjangkau semua perusahaan ojol," pungkasnya. (aaa/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: