Lelang Jabatan Eselon II Kabupaten PPU, Ranking Tertinggi Belum Tentu Terpilih

Lelang Jabatan Eselon II Kabupaten PPU, Ranking Tertinggi Belum Tentu Terpilih

PENAJAM, DiswayKaltim.com - Dari 12 peserta lelang 4 kursi jabatan eselon II di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) yang mengikuti seleksi, tersisa 10 nama.

Yaitu 2 nama untuk mengisi Asisten I, 3 nama untuk mengisi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), 2 nama untuk Badan Kepegawaian dan Pembangunan SDM (BKP SDM) serta 3 nama yang mengisi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Hasilnya sudah keluar 8 Juni lalu. Sudah final hasil penilaiannya. Tinggal penunjukkan oleh Pak Bupati saja," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKP SDM Khairuddin, Rabu (17/6).

Ia menjelaskan, hasil tes tahap akhir pada 2-3 Juni telah keluar pada 5 Juni lalu. Kemudian, setelah mendapatkan rekomendasi dari Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud (AGM) hasil dikirimkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Tinggal kami serahkan ke Pak Bupati untuk menentukan namanya untuk dipilih," sambungnya.

Adapun siapa yang bakal terpilih dan dilantik menjadi pejabat tersebut, merupakan hak prerogatif kepala daerah. Hal itu tertuang dalam peraturan Undang-Undang ASN Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 perubahan dari PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

"Jadi, setelah ketua panitia pelaksana (Pansel) menyerahkan nama, selanjutnya itu menjadi kewenangan Pak Bupati untuk memilih," jelasnya.

Dalam hal pemilihannya, yang bakal terpilih tidak mesti yang memiliki ranking tertinggi. Kepala daerah, lanjutnya, memiliki kewenangan pula untuk tidak memilih.

"Kalau Bupati merasa tidak cocok, bisa saja ditunda. Sepanjang itu belum dilantik, ya sah-sah saja. Semisal tidak berkenan, ya bisa saja ditunda," tandas Khairuddin.

Adapun 10 nama tersebut ialah, Arifin dan Sodikin untuk mengisi jabatan Asisten I Bidang Pemerintahan. Sedari awal, pelamar untuk mengisi posisi ini hanya dua orang saja.

"Padahal kami sudah perpanjang juga waktu pendaftarannya," sebutnya.

Lalu untuk Kepala Disbudpar PPU ada Andi Israwati yang saat ini menjadi pelaksana tugas dan Evi Biola serta Sumardiyana. Pelamar posisi ini sejak awal hanya terdiri dari 3 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: