Manisnya Berbisnis Brownies

Manisnya Berbisnis Brownies

Arif Fadillah - Balikpapan

Bagi penyuka kudapan manis, brownies kerap masuk dalam daftar makanan yang harus tersedia yang akan disantap. Apalagi, identik dengan cokelat yang gurih. Brownies belakangan juga banyak ditenteng sebagai buah tangan saat berkunjung ke rumah sanak family ataupun relasi.


Tak jarang brownies bisa menjadi pilihan Usah Mikro Kecil Menengah (UMKM). Olahan makanan yang satu ini banyak digemari oleh masyarakat, baik dari kalangan anak-anak, remaja, maupun orang tua dikarenakan dominan rasa cokelatnya yang lezat dan teksturnya yang lembut.
Seperti yang ditekuni Septiyana Safar.

Wanita Balikpapan ini memberanikan diri untuk membuka usaha. Brownies panggang buatannya cukup menarik perhatian. Bermodalkan kemampuan tata boga, kini kudapan manis tersebut siap bersaing di era modern.

"Baru dimulai akhir Mei lalu. Alhamdulillah sudah terjual 30 pcs. Ukurannya ada yang 10x15 cm dan 20x20 cm," katanya kepada Disway Kaltim.

Karena masih newbie di dunia UMKM untuk mendapatkan brownies panggang mesti memesan terlebih dahulu atau pre order. Tentunya kualitas dan rasa masih terjaga. "Yang penting sehari sebelumnya mesti pesan. Pembayaran bisa COD atau bayar di tempat," tambahnya.


Menggeluti usaha kuliner tentunya tidak mudah. Karena tampilan dan rasa mesti mencuri perhatian. Terutama menjaga kualitas brownies panggang. Ditambahkan Septiyana bahwa takaran dalam mengolah sebelum dipanggang mesti tepat.


Selain brownies, dia juga menerima pesanan sponge cake atau yang lebih dikenal kue tart. Hasil produksinya itu diberi nama Dapur Shafi. Terpenting dalam memulai usaha ada pada kemauan dan tujuan. Apalagi di tengah-tengah masyarakat banyak hadir makanan dengan bahan pengawet.


"Insya Allah tanpa bahan pengawet. Karena kita mesti mengkonsumsi makanan yang halal dan tayib (baik)," ujar Septiyana. Untuk memasarkan usahanya, Septiyana memanfaatkan teknologi yang semakin pesat. Melalui media sosial, Dapur Shafi menarik para pembeli. Di Instagram misalnya, selain menjaring calon pembeli, dia juga menerima pemesanan. Selain itu, promosi juga dilakukan melalui pesan WhatsApp. Para calon pembeli bisa memesan melalui akun @dapurshafi atau WhatsApp di nomor 085349101110. (fdl/yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: