32 Pekerja Asal Surabaya Dikarantina, Datang untuk Proyek TA Pupuk Kaltim

32 Pekerja Asal Surabaya Dikarantina, Datang untuk Proyek TA Pupuk Kaltim

BONTANG, DiswayKaltim.com -- Aktivitas industri di Kota Bontang masih menjadi magnet warga dari luar daerah untuk bekerja di Kota Taman. Hal ini terlihat dari catatan Dinas Tenaga Kerja Bontang ada 32 pekerja asal Surabaya tiba di Bontang.

Mereka didatangkan oleh perusahaan untuk bekerja di kawasan industri milik Pupuk Kaltim. "Iya ada 32 orang dari Surabaya itu, sudah kita periksa juga," ujar Kepala Bidang, Pelatihan Produkivitas dan Penempatan, Dinas Tenaga Kerja Bontang, Usman HM saat dikonfirmasi, Minggu (14/6/2020).

Usman menjelaskan, setibanya di Bontang mereka harus menjalani masa karantina mandiri selama dua minggu. Hasil kunjungan lapangan, 32 orang pekerja tersebut menjalani karantina di Hotel Bintang Sintuk. "Seluruh biaya ditanggung oleh perusahaan yang mendatangkan mereka," imbuhnya.

Para pekerja inipun telah menjalani tes cepat atau rapid test. Setiap pekerja dari luar Bontang diwajibkan menjalani tes cepat sebanyak 3 kali. Apabila hasilnya menunjukkan reaktif, pekerja harus dipulangkan ke tempat asal mereka.

Lebih lanjut, setiap perusahaan diwajibkan melapor ke Dinas Tenaga Kerja apabila mendatangkan karyawan dari luar daerah. "Nah kita minta laporkan, tapi yang perlu diwaspadai yang diam-diam datang," ungkanya.

Dinas Tenaga Kerja Bontang juga berkoordinasi dengan petugas jaga di pintu masuk Selamat Datang serta Dinas Kesehatan.

Kepala Dinas Perhubungan Bontang Kamilan membenarkan petugas di lapangan mencatat ada pekerja asal pulau Jawa. Mereka didata oleh petugas. Data ini kemudian dilaporkan ke Dinas Tenaga Kerja untuk ditelusuri.

"Iya kami ada catat itu, mereka bekerja di Turn Arround (TA) di PKT katanya," pungkas Kamilan saat dikonfirmasi. (wal/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: