Adaptasi New Normal Life, Sejumlah Kafe Sudah Buka Duluan

Adaptasi New Normal Life, Sejumlah Kafe Sudah Buka Duluan

Sangatta, Diswaykaltim.com - New normal belum berjalan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Namun beberapa kafe saat ini sudah beroperasi. Membuka gerainya dan menerima pengunjung. Padahal belum ada imbauan dari pemerintah setempat.

Seperti yang dikatakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kutim Didi Herdiansyah. Bahwa ada beberapa kafe yang sudah mulai beroperasi mendahului launching pencanangan new normal di Kutim.

"Harusnya jangan buka dulu sebelum launching new normal life dari bupati kita. Namun mereka ini curi start dan itu akan kita sambangi dan ingatkan kembali," kata Didi, Rabu (10/6).

Meski demikian, Didi menegaskan akan tetap melakukan pemantauan dan monitoring. Jika memang kafe tersebut telah memenuhi protokol kesehatan COVID-19, maka mereka akan tetap diperbolehkan membuka usahanya.

"Kalau yang sudah buka itu mematuhi anjuran pemerintah seperti menjalankan protokol kesehatan seperti jumlah pengunjung maksimal 40% dari jumlah kunjungan pada kondisi normal. Selain itu waktu kunjungan juga harus dibatasi, gunakan masker dan menyediakan wadah cuci tangan maka akan tetap diizinkan buka," tegasnya.

Namun jika sebaliknya, maka Satpol PP akan menindak tegas untuk menutup kafe yang tidak menjalankan protokol kesehatan.

"Tapi kalau mereka di luar ketentuan protokol kesehatan ya kita tutup. Untuk sementara ini ada sembilan kafe yang buka. Tapi tetap kita pantau," pungkasnya.

Didi pun kembali mengimbau jika pemilik usaha enggan mematuhi anjuran pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan maka akan dibawa keranah hukum ringan. Seperti akan memberikan surat peringatan yakni SP 1, SP 2, maupun SP 3 dan akan dibawa ke ranah tipiring. (Fs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: