DPRD Balikpapan Usul Bangun DAS Ampal

DPRD Balikpapan Usul Bangun DAS Ampal

Suasana banjir di Balikpapan beberapa waktu lalu. Genangan air cukup tinggi ini meresahkan masyarakat. (Andi Muhammad Hafizh/Disway)

Balikpapan, diswaykaltim.com - Urgensi penanganan banjir di Kota Minyak kembali menjadi perhatian. Ketua Komisi III DPRD Balikpapan Alwi Al Qadri mengusulkan, Pemkot Balikpapan mengerjakan pembangunan Waduk DAS Ampal. Yang sempat mencuat beberapa tahun lalu.

Rencana pembangunan waduk itu disebut berlokasi di sekitaran Jalan Joko Tole, Sungai Ampal, Balikpapan Tengah. Dengan memanfaatkan luas lahan sekitar 10 hektare. "Kami mencari solusi. Sebelumnya sudah pernah disampaikan beberapa waktu lalu," ujar Alwi, Senin (8/6).

Menurutnya, pembangunan waduk bisa jadi solusi alternatif. Dari rencana megaproyek normalisasi Sungai Ampal. Untuk menangkal banjir. Mengingat intensitas curah hujan yang cukup tinggi selama sepekan terakhir, diprediksi masih akan terus berlanjut. "Katanya sudah sempat berencana menggunakan dana silpa sampai tiga kali," imbuhnya.

Pembangunan waduk bisa dimanfaatkan. Menjadi objek wisata buatan. Seperti tempat rekreasi pemancingan. "Poinnya untuk mengatasi banjir dengan cepat," tegasnya.

Alwi menyebut, beberapa titik banjir sudah mencapai perut orang dewasa. Sudah lebih dari 1 meter. "Ini bukan lagi air tergenang. Semalam belum tentu surut. Artinya sudah parah," katanya.

Upaya Komisi III DPRD Balikpapan dalam waktu dekat akan berusaha menjalin komunikasi. Dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Balikpapan. Untuk mendengar penjelasan. Sejauh mana program penanganan banjir itu, serta mencari solusinya.

Sebab daerah terdampak banjir tidak hanya di sekitaran Sungai Ampal dan Jalan MT Haryono. Tapi sudah menyebar. Hingga ke daerah lain. Seperti di Balikpapan Barat dan Balikpapan Timur. "Saya tidak mau gegabah. Jangan sampai usul waduk disebut karena saya ada kepentingan. Ini untuk menangani banjir," imbuhnya. (ryn/hdd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: