Delapan ABK Positif COVID-19, Semuanya Bukan dari Samarinda

Delapan ABK Positif COVID-19, Semuanya Bukan dari Samarinda

Samarinda, DiswayKaltim.com - Lonjakan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Samarinda kembali bertambah. Rabu (3/6), dilaporkan ada tambahan delapan orang dari klaster anak buah kapal (ABK). 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Samarinda Ismed Kosasih menjelaskan kronologinya. Ia menyebut tambahan pasien positif COVID-19 di Kota Tepian ini adalah para ABK yang bertugas di salah satu kapal logistik asal Makassar. Tujuan adalah Balikpapan dan Samarinda. 

"Seluruh pasien dirawat di RS Karantina Bapelkes," kata Ismed.

Diterangkan Ismed, pada Kamis (28/5) lalu, seluruh ABK disebutnya sudah mengikuti pemeriksaan yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Samarinda. 

"Per 2 Juni, kedelapannya terkonfirmasi positif setelah hasil swab keluar. Kondisi pasien dalam keadaan baik," lanjutnya. 

Ismed menegaskan, kedelapan pasien tambahan yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu seluruhnya adalah laki-laki. Berdasarkan data domisili dari KTP, dipastikan Ismed bahwa seluruh pasien bukan warga Samarinda. 

Sejak tiba di Pelabuhan Samarinda, Ismed memastikan bahwa seluruh ABK diwajibkan melakukan karantina mandiri di Kapal. Ismed menambahkan, 8 orang ini tidak berdomisili di Samarinda. Juga tidak pernah turun kapal karena diberlakukan karantina di kapal oleh KKP Samarinda.  

"ABK lainnya juga sudah di tracing, hasilnya negatif," sebutnya lagi. (nad/boy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: