7.524 UMKM di PPU Dapat Stimulan Modal Usaha, Disalurkan Usai Pandemi

7.524 UMKM di PPU Dapat Stimulan Modal Usaha, Disalurkan Usai Pandemi

PENAJAM, DiswayKaltim.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) melakukan pendataan bantuan stimulus bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terkena dampak COVID-19. Bantuan untuk modal awal usaha tersebut rencananya akan diberikan ketika pandemi COVID-19 berakhir

"Jumlahnya ada 7.524 UMKM yang ada di PPU," katanya beberapa waktu lalu.

Data tersebut diperoleh dengan menghimpun jumlah pelaku usaha di tiap desa dan kelurahan. Kendati begitu, Kuncoro belum mengetahui secara pasti bentuk stimulan yang akan diberikan.

"Kalau melihat dari suratnya, itu bentuknya stimulan ekonomi. Bunyi suratnya seperti itu. Tapi, mekanisme dan bentuk bantuan sepeti apa itu kami belum terima," urainya.

Untuk pembagiannya, stimulan akan diberikan setelah pandemi corona berakhir, pada tahap pemulihan atau recovery. Pasalnya, jika dibagikan dalam kondisi saat ini diyakini tidak berjalan maksimal. Hanya akan habis untuk keperluan konsumsi.

"Jadi, mereka juga menunggu adanya bantuan itu. Tidak tahu kapan diberikan. Belum ada kabarnya sampai sekarang," katanya.

Sebab, bantuan tersebut diperuntukkan khusus permodalan usaha, khususnya pedagang kecil. Untuk mereka yang paling merasakan dampak dari pandemi ini.

"Karena memang itu penting. Setelah wabah ini selesai, kita harus melakukan pemulihan ekonomi," pungkas Kuncoro. (rsy/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: