Menemani Pak Kapolri

Menemani Pak Kapolri

Irianto Lambrie menemani Kapolri M Tito Karnavian meresmikan Markas Polda Kaltara. (Foto Infopubdok Kaltara)

Oleh : Irianto Lambrie *

HARI ini, saya mendampingi Kapolri Bapak Prof. Muhammad Tito Karnavian, PhD meresmikan Markas Polda Kaltara di Kilo 9 Bumi Rahayu Tanjung Selor.

Atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat Kalimantan Utara, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kehadiran Bapak Kapolri untuk yang kedua kalinya ke Kaltara.

Selain Markas Polda, secara bersamaan tadi juga diresmikan Rumah Sakit Bhayangkara di Tarakan dan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltara di Malinau.

Sebagai bagian dari masyarakat Kaltara, saya turut berbangga dengan keberadaan Polda Kaltara.

Markas Polda  yang diresmikan tadi, disebut Pak Kapolri merupakan satu-satunya Polda di Indonesia yang dibangun bukan dari anggaran pusat.

Seperti kita ketahui, Markas Polda Kaltara menggunakan bangunan hibah dari Pemerintah Kabupaten Bulungan. Kemudian untuk rehab bangunan, berikut fasilitas pendukungnya, melalui APBD Provinsi Kaltara kita alokasikan anggaran pada 2018 lalu.

Di samping itu, seperti dilaporkan tadi oleh Pak Kapolda, ada beberapa bangunan dan fasilitas yang merupakan bantuan melalui CSR (corporate social responbility) dari beberapa perusahaan yang ada di Kaltara.

Di luar kaitannya dengan Polda Kaltara, ada kutipan yang menarik dari apa yang disampaikan Pak Kapolri dalam sambutannya tadi, semoga bermanfaat untuk renungan kita bersama, sebagai bangsa dan negara besar.

Beliau bercerita, ketika tugas belajar di Singapura, salah seorang kawan beliau-orang Singapura, mengatakan : "Your country has everythings, but you are have not anythings. My country has not anything, but we are have everythings (negaramu memiliki semua hal, tetapi anda tidak punya apa-apa. Negara saya tidak memiliki apa-apa, tetapi kami bisa memiliki semua hal)".

Kalimat sindiran orang Singapura tersebut, semestinya mendorong kita untuk membangun kesadaran baru untuk lebih bekerja keras dan solid meraih masa depan yang lebih baik. (dah)

*/Penulis adalah Gubernur Kaltara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: