Event Hudoq Pekayang di Mahulu Berlangsung Meriah

Event Hudoq Pekayang di Mahulu Berlangsung Meriah

Event Hudoq Pekayangan di Mahulu.-istimewa-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM – Pelaksanaan event Hudoq Pekayang di Kampung Long Isun, Kecamatan Long Pahangai, berlangsung meriah.  Event kebudayaan sudah dimulai sejak 20 Oktober 2024 hingga 22 Oktober mendatang.

Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan event tahunan itu. 

Ia menekankan pentingnya pagelaran Hudoq Pekayang sebagai simbol kebanggaan budaya masyarakat Dayak Kayan dan Dayak Bahau di Mahulu yang telah diwariskan secara turun-temurun.  

“Hudoq Pekayang tidak hanya sebuah ritual adat, melainkan ekspresi kekayaan budaya dan spiritual yang mengandung filosofi mendalam tentang siklus kehidupan masyarakat, alam, dan hubungan kita dengan Sang Pencipta,” ucap Bonifasius.

BACA JUGA:KPU Mahulu Siap Fasilitasi Warga Pindah Memilih di Pilkada 2024, Cek Detailnya!

BACA JUGA:Sering Terdampak Banjir, Enam Desa di Mahulu Direncanakan Direlokasi

Menurutnya, tradisi ini menjadi wujud nyata penghormatan terhadap alam dan harapan akan keberkahan serta kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Mahulu.

“Tradisi Hudoq pekayang ini juga mencerminkan nilai gotong royong, kebersamaan, dan solidaritas yang kuat di antara masyarakat kita,” ujarnya.

Ia berharap agar event ini bisa mengangkat budaya dan cerita rakyat Mahulu, seperti mengundang rezeki, membawa hasil panen yang melimpah, hingga kesuburan tanah.

"Ada ceritanya tentang bagaimana Hudoq bisa mendatangkan rezeki, membawa buah yang banyak, membawa ikan, dan memberi kesuburan padi. Itu bisa jadi bagian dari pertunjukan kedepannya," tuturnya.

BACA JUGA:Sekda Mahulu: Peran Ormas dalam Proses Pilkada 2024 Sangat Penting

BACA JUGA:Pemkab Mahulu Gelar Workshop Pengelolaan Barang dan Jasa Tahun 2024, Ini Tujuannya

Meski pelaksanaan kegiatan itu berjalan lancar. Namun Bonifasius menilai masih ada kekurangan, dan penting untuk dievaluasi demi kebaikan di event selanjutnya.

Ia menyarankan agar pelaksanaan hudoq pekayang di tahun berikutnya dapat dibuat lebih kreatif lagi, sehingga lebih meningkatkan wisatawan untuk datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: