Angin Segar! BLKI Bisa Dibangun di PPU

Angin Segar! BLKI Bisa Dibangun di PPU

Kepala Disnakertrans Kabupaten PPU, Marjani. (Awal/Disway Kaltim)--


Banner 2, Pemkab PPU-Reza-nomorsatukaltim.disway.id

 

PENAJAM PASER UTARA, NOMORSATUKALTIM - Guna menekan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) selain dengan aktif memberikan pelatihan peningkatan kompetensi bagi usia pencari kerja, salah satunya juga menghadirkan bangunan untuk Balai Latihan Kerja Industri (BLKI)

Memang untuk pembangunan BLKI tidak gampang, apalagi dengan mengharapkan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten. Namun, tak menutup kemungkinan bakal ada BLKI di wilayah Benuo Taka.

Dikonfirmasi hal itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten PPU, Marjani, mengatakan sebenarnya boleh saja membangun BLKI di kabupaten atau kota. Namun masalahnya berada dikewenangan pemerintah pusat.

"Kita boleh diantaranya penyelenggara pelatihan. Di PPU belum ada BLKI," kata Marjani, Minggu (13/10/2024).

BACA JUGA : Akrabkan dengan Olahraga Tradisional, Pj Bupati PPU Buka Festival Layang-Layang 2024 di Pantai Corong

Namun kini terdapat angin segar, ada harapan tak hanya sekadar kabar burung.

Ia mengungkapkan, jika kedepannya bakal dibangun BLKI di Kabupaten PPU. Dirinya menuturkan, saat ini masih dalam proses yang difasilitasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia.

"Rencananya ada dua tempat Penlok (Penetapan Lokasi) antara di dekat Bapenda atau depan rumah sakit sebelah BKAD," sambungnya.

Untuk dapat mengetahui lokasi BLKI nantinya kemungkinan besar November mendatang.

BACA JUGA : Pj Bupati PPU Bahas Penyelesaian Reforma Agraria dengan Bank Tanah, Terkhusus Kasus di Lahan Bandara

Serta setelah ditetapkan lokasi rencananya peletakan batu pertama penanda dimulainya pengerjaan pada 2025 nanti. Sementara saat disinggung mengenai lahan yang dipilih untuk digunakan dirinya menuturkan jika milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU.

"Nanti tanahnya dihibahkan," ucap Marjani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: