Sedih, Mahulu Belum Punya Perpustakaan Umum Sendiri

Sedih, Mahulu Belum Punya Perpustakaan Umum Sendiri

Tenaga pengelola perpustakaan sekolah di Mahulu saat mengikuti Bimtek.-istimewa-

MAHULU, NOMORSATUKALTIM – Keberadaan perpustakaan umum menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui semangat dan budaya literasi.

Namun sayangnya, di Mahakam Ulu (Mahulu) hingga kini belum ada perpustakaan umum yang dibangun oleh pemerintah daerah setempat.

Selama ini, perpustakaan di kabupaten yang baru berusia 10 itu masih konvensional. Yakni hanya mengandalkan perpustakaan di sekolah-sekolah seperti SD, SMP dan SMA.

Soal kelengkapan buku dan perpustakaan digital jangan ditanya lagi. Masih sangat jauh berbeda dengan di daerah lain terutama di kota.

BACA JUGA:Devung Paran Dipastikan jadi Ketua DPRD Mahulu Periode 2024-2029

BACA JUGA:Jelang Pilkada 2024, Polres Mahulu Tekankan Pentingnya Kamtibmas Bagi Tokoh Masyarakat

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Mahulu, Agustinus Teguh Santoso mengatakan bahwa, upaya yang dilakukan saat ini yakni meningkatkan pengetahuan para pengelola perpustakaan di sekolah-sekolah.

Hal itu dilakukan melalui kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) khusus dengan menghadirkan pemateri dari dinas perpustakaan provinsi.

“Memang perpustakaan di Mahulu ini masih berorientasi pada perpustakaan sekolah,” ungkap Agustinus Teguh Santoso, Selasa (10/9/2024).

Selama ini, pengelolaan Perpustakaan di Mahulu masih tangani bidang kesejahteraan rakyat (Kesra) Setkab Mahulu. Hingga kini belum ada dinas khusus yang menangani perpustakaan.

BACA JUGA:Pekerja Bangunan di Mahulu Ditemukan Tewas Gantung Diri

Menurut Teguh, tentu saja pengelolaan perpustakaan di Mahulu tidak akan maksimal, karena belum ditangani bidang khusus. Hal tersebut tentu saja turut berdampak pada rendahnya minat literasi.

Namun demikian, selama ini bidang Kesra terus berkoordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan provinsi hingga pusat.

Dari hasil koordinasi yang terus dilakukan selama ini, Bidang terkait telah mendapat banyak masukan dari Dinas Perpustakaan provinsi dan pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: