Awang Yacoub: UMKM Lokal Perlu Diberdayakan

Awang Yacoub: UMKM Lokal Perlu Diberdayakan

Awang Yacoub Luthman saat menjadi pembicara.-istimewa-

KUKAR, NOMORSATUKALTIM – Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Awang Yacoub Luthman menekankan pentingnya pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kukar.

Menurutnya, ada banyak orang yang ingin terjun langsung menjadi pengusaha tanpa memahami bahwa perlu ada pembentukan karakter dan mindset yang matang.

"Banyak yang ingin langsung terjun menjadi pengusaha tanpa dasar karakter dan mindset yang matang," ujar Awang belum lama ini.

BACA JUGA:Bapaslon AYL-AZA Jadi yang Pertama Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSUD A.M Parikesit

BACA JUGA:Berani Banget, Istri di Kukar Viralkan Kasus Rudapaksa Anak di Bawah Umur yang Dilakukan Suami Sendiri

Sebagai daerah dengan sumber daya alam yang melimpah, Kukar memiliki potensi besar untuk mengembangkan UMKM berbasis produk lokal. Namun, sering kali terjebak dalam penggunaan sumber daya yang tidak optimal.

Salah satu contohnya adalah upaya menanam produk yang sebenarnya tidak cocok dengan kondisi lokal, sementara produk asli daerah justru diabaikan.

"Kita punya sumber daya lokal yang luar biasa, namun sering kali merasa bahwa menjual produk modern lebih menarik," ungkap Awang.

Ia juga memberikan contoh kesuksesan daerah lain seperti Banyuwangi, yang berhasil memanfaatkan produk lokal untuk menarik wisatawan. Ini tentu bisa menjadi contoh inspiratif bagi daerah-daerah di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Duet Maut Bandar Sabu di Selerong Diringkus Polres Kukar

“Dengan memanfaatkan apa yang dimiliki secara bijak, Kukar bisa membangun ekonomi lokal yang lebih kuat, tanpa harus merusak lingkungan,” tambahnya.

Pemerintah daerah juga diharapkan untuk aktif terlibat dalam mendukung UMKM dan memastikan bahwa pembangunan ekonomi dilakukan dengan tetap menjaga kelestarian alam. Panduan dan regulasi yang tepat sangat dibutuhkan untuk mengarahkan pengusaha UMKM agar dapat tumbuh secara berkelanjutan.

Awang juga menekankan pentingnya menjaga ekologi dalam proses pembangunan ekonomi. Dia memberi contoh tentang lahan yang tidak dikelola dengan baik bisa merusak lingkungan, tapi dengan tata kelola yang tepat, kerusakan ini bisa diminimalisir.

BACA JUGA:Dendi-Alif Resmi Daftar ke KPU Kukar, Diarak dengan Kirab Pendukung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: