Pentingnya Optimalisasi Peran Penyuluh Pertanian

Pentingnya Optimalisasi Peran Penyuluh Pertanian

ilustrasi lahan pertanian-istimewa-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau berkomitmen untuk terus meningkatkan ekonomi masyarakat dengan optimalisasi sektor hilir Sumber Daya Alam (SDA) dan pertanian.

Untuk itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk terus meningkatkan ekonomi para petani di Bumi Batiwakkal.

Dirinya meminta para penyuluh pertanian untuk aktif berperan dalam menyampaikan ilmu dan teknologi pertanian, penggerak dalam perubahan, yang tujuannya adalah peningkatan produktivitas, ketahanan pangan, dan kesejahteraan petani.

"Jika memang membutuhkan bantuan, tolong dikoordinasikan dengan instansi teknis. Saya khawatir, para petani tidak kebagian porsi anggaran jika hanya menunggu. Karena kami tidak mungkin dapat menjangkau seluruh daerah pertanian di Berau," kata Bupati Sri Juniarsih, Selasa (20/8/2024).

BACA JUGA : Penerimaan CPNS Resmi Dibuka, 304 Formasi Tersedia di Kabupaten Berau

Sementara, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Berau, Lita Handini, mengatakan, Perhiptani memiliki tanggungjawab dan mengupayakan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Penyuluh Pertanian, sehingga mereka punya daya saing untuk mendampingi para petani bisa menjawab tantangan di bidang pertanian.

"Namun, masih ada beberapa hal yang perlu dilengkapi, khususnya terkait sarana mobilitas dan perlengkapan kerja bagi penyuluh pertanian, seperti laptop," katanya.

BACA JUGA : Ajak Seluruh Pihak Sukseskan Program Pembangunan

Ia menegaskan, untuk mewujudkan sistem pertanian yang kuat dan modern, Perhiptani siap meluangkan waktu, tenaga dan pemikiran untuk membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau, dalam melaksanakan program kerja prioritas di bidang pertanian dalam arti luas.

“Kami siap mendapat perintah dari kepala daerah untuk dilibatkan dan kolaborasi untuk Berau yang lebih hebat dan maju ke depan,” ucapnya.

BACA JUGA : Mandiri Kelola Air Bersih, PT Berau Coal Dukung BUMK Inaran Kembangkan Potensi Kampung

Untuk menunjang itu semua, Lita berharap adanya alokasi anggaran operasional untuk memaksimalkan kinerja Perhiptani di lapangan.

"Kami berharap, setiap tahun ada tambahan anggaran, khususnya untuk melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana penyuluh lapangan yang ada," harapnya.

Ia menjelaskan, selama ini pihaknya melaksanakan tugas dan fungsi menggunakan dana dari sumbangan donatur dan gotong royong secara swadaya, melalui sumbangan yang diedarkan ke seluruh Perhiptani Berau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: