Menteri AHY Kunjungan Kerja ke Balikpapan, Pantau Program Khusus Pertanahan

Menteri AHY Kunjungan Kerja ke Balikpapan, Pantau Program Khusus Pertanahan

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kantor Pertanahan Balikpapan.-chandra/disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tiba di Balikpapan, Minggu 11 Agustus 2024/

Kunjungan AHY ini mencakup beberapa agenda. Di antaranya persiapan Sidang Kabinet Paripurna di Ibu Kota Negara (IKN), dan pelaksanaan groundbreaking proyek-proyek pembangunan di sana.

Sesampainya di Kota Beriman, AHY melakukan penyerahan Sertifikat Hak Milik (SHM) secara simbolis di Kantor ATR/BPN Balikpapan.  Sertifikat ini diberikan kepada berbagai instansi pemerintah. Seperti Polri dan PUPR, serta untuk masjid dan pondok pesantren.

BACA JUGA:Menteri AHY Serahkan 12 Sertifikat Tanah Elektronik di Kota Bekasi

"Ini penting, mengapa saya juga ingin setiap saat bisa menyerahkan secara langsung,” ujar AHY pada Nomorsatukaltim di Kantor ATR/BPN Balikpapan,

Ia juga menekankan pentingnya sertifikasi elektronik untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi, serta mengurangi risiko kejahatan pertanahan.

Adapun salah satu penerima sertifikat yakni Syukur Idris, Ketua Yayasan rumah tahfidz di Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, yang menerima sertifikat tanah wakaf setelah menunggu selama dua tahun.

BACA JUGA:Kapolri Apresiasi Kinerja Menteri AHY dan Jajarannya dalam Penyelesaian Kasus Pertanahan

"Sertifikat tanah wakaf ini digunakan untuk masjid dan rumah tahfiz. Meskipun operasionalnya sudah berjalan selama 10 tahun, pengurusan sertifikat baru dimulai pada Oktober 2022 dan baru selesai tahun ini,” ujar Idris saat ditemui usai penyerahan sertifikat tersebut.

Dalam kunjungannya, AHY juga meninjau Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN) di Balikpapan. Program ini dirancang untuk mempercepat proses administrasi pertanahan dan memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Melalui program ini, kami berharap dapat mempermudah proses administrasi tanah bagi warga, yang seringkali menghadapi berbagai kendala,” tambah AHY.

Kunjungan AHY juga melibatkan persiapan untuk Sidang Kabinet Paripurna pertama di IKN yang akan berlangsung pada Senin (12/8/2024) mendatang.  Menurutnya, sidang ini nanti akan menjadi momen bersejarah karena dihadiri oleh seluruh anggota kabinet.

BACA JUGA:Jalankan Tiga Arahan Presiden, Menteri AHY Minta Jajaran Perkuat Layanan Prioritas dan Strategi Komunikasi

Setelah sidang, AHY mengatakan bahwa dirinya telah dijadwalkan untuk mendampingi Presiden Joko Widodo dalam acara groundbreaking proyek-proyek pembangunan di IKN oleh berbagai perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: