Pangdam VI/Mlw Silaturahmi dengan Kesultanan Kutai

Pangdam VI/Mlw Silaturahmi dengan Kesultanan Kutai

Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Tri Budi Utomo mendatangi kedaton Kesultanan Kutai.-istimewa-

KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Tri Budi Utomo melaksanakan silaturahmi di kediaman Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura,  Aji Muhammad Arifin, di Jalan KH Ahmad Mukhsin, Kelurahan Tambah, Kecamatan Tenggarong, Kukar, Senin, 22 Juli 2024.

Sebelum melaksanakan silaturahmi bersama Sultan, Pangdam VI/Mlw mengunjungi Kodim 0906/Kkr, yang disambut langsung oleh Dandim 0906/Kkr Letkol Czi Damai Adi Setiawan beserta para perwira staf.

Setelah beberapa saat berada di Kodim 0906/Kkr Pangdam VI/Mlw beserta rombongan yang didampingi oleh Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Anggara Sitompul, Aster Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Ilham Yunus dan Dandim 0906/Kkr Letkol Czi Damai Adi Setiawan melanjutkan perjalanan menuju Kedaton Mulawarman.

BACA JUGA:Royal Kafe Tenggarong Hadir dengan Konsep Baru

Setiba di Kedaton, Pangdam disambut langsung oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Drs, Aji Muhammad Arifin M.Si. didampingi Bupati Kukar Drs.Edi Damansyah M.Si, Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman, S.I.K, M.H., Danramil 0906-02 Loa Kulu KaptenInf Slamet Widodo, Danramil 0906-01 Tenggarong Lettu Inf Adi Irawan dan para kerabat Kesultanan.

Kapendam VI/Mlw, Kolonel Kav Kristiyanto, S.Sos saat dikonfirmasi ditempat terpisah memberikan keterangan bahwa dalam kunjungannya, Mayjen TNI Tri Budi Utomo sangat berterima kasih telah disambut secara hangat oleh Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. 

"Silaturahmi Pangdam kali ini selain menjalin keakraban keduanya, beliau juga membahas tentang pakaian kebesaran Presiden RI yang akan dikenakan pada saat HUT RI Ke-79 di IKN mendatang," ungkap Kapendam.

"Sultan Kutai Kartanegara tersebut bersedia memberikan ijin penggunaan baju khas Kesultanan Kutai tersebut oleh Presiden RI,"jelasnya.

BACA JUGA:Pemkab Kukar Adakan Lomba MTQ Antar OPD

"Atas pemberian ijin tersebut, Pangdam mengucapkan terima kasih kepada Kesultanan Kutai Kartanegara,"tambahnya. 

Disampaikan Pangdam dalam silaturahminya bahwa dalam pelaksanaan tugasnya, Presiden Jokowi sangat memegang teguh sejarah dan sangat menghormati adat istiadat di seluruh wilayah nusantara. Salah satu contohnya adalah penggunaan pakaian adat pada Upacara HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus di setiap tahunnya. 

"Tahun 2024 ini Presiden Jokowi berkenan menggunakan pakaian adat khas Kutai Kartanegara. Jenis pakaian adat yang digunakan adalah pakaian adat jenis KUSTIM," jelas Kapendam.

Selain itu, Kapendam menambahkan bahwa dalam silaturahminya Pangdam  juga menyampaikan tentang kesiapan pelaksanaan kegiatan Upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2024 yang akan dilaksanakan di IKN.

Hal penting lain yang disampaikan Pangdam dalam pertemuan tersebut adalah tentang ketahanan pangan.  Menurut Kapendam bahwa Pangdam menjelaskan kegiatan ketahanan pangan di wilayah Kodam VI/Mlw baik di Kaltara, Kalsel maupun di Kaltim dimana terdapat IKN di dalamnya, sejalan dengan kebijakan Bapak Kasad yang sedang menggalakkan program ketahanan pangan melalui kegiatan Oplah, PATS dan juga pompanisasi serta pipanisasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: