Kejar Cakupan 95 Persen Imunisasi Polio di Paser

Kejar Cakupan 95 Persen Imunisasi Polio di Paser

Ilustrasi imunisasi.--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Pelaksanaan pekan imunisasi nasional (PIN) polio putaran pertama dan kedua di Kabupaten Paser ditargetkan 95 persen, atau mencakup 38.883 anak, pada tahun ini.

Waktu pelaksanaan PIN polio putaran pertama dijadwalkan 23 sampai 29 Juli, dan yang kedua pada 6 hingga 12 Agustus. Pelaksana tugas (Plt) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Paser, dr Ainun Jariyah, mengatakan imunisasi polio jadi hal wajib untuk anak usia 0 sampai 7 tahun.

Target 95 persen capaian imunisasi tersebut lantaran Indonesia pernah bebas polio pada 2014, namun beberapa tahun belakangan terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio pada beberapa daerah. 

"Kabupaten Paser sejauh ini belum terdeteksi adanya kasus polio dan semoga tidak terjadi di daerah kita," kata Ainun, Kamis (18/7/2024).

BACA JUGA:2 Bulan Bebas, Residivis Narkoba Ditangkap Lagi, Masuk Penjara Lagi

Meski belum mendeteksi adanya kasus polio namun cakupan 95 persen tetap jadi target. Pada orientasi persiapan PIN polio 15 Juli lalu, bertujuan untuk mempersiapkan pelaksanaan putaran 2 PIN yang serentak akan dilaksanakan 27 provinsi di Indonesia. Katanya.

Sebelum kegiatan tersebut terlaksana, maka sinkronisasi timbangan anak di Posyandu wajib dilakukan terlebih dahulu. 

"Itu perlu dilakukan untuk memastikan data anak usia nol sampai tujuh tahun di Kabupaten Paser dapat akurat dan sesuai dengan target, apalagi kita ditargetkan 95 persen capaian imunisasi polio dengan dua kali pelaksanaan," sebutnya.

Dia meminta petugas kesehatan tidak hanya melaksanakan imunisasi di Posyandu, dikarenakan hal itu  tidak akan memenuhi capaian yang sudah ditargetkan. 

BACA JUGA:Jelang Pelantikan, 17 Caleg DPRD Paser Terpilih Belum Lapor LHKPN

"Kalau pelaksanaannya hanya di Posyandu, maka waktunya tidak cukup. Target imunisasi polio kita di Paser sampai 38.883 anak," tutup Ainun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: