Lamine Yamal, Sang Wonderkid

Lamine Yamal, Sang Wonderkid

Lamine Yamal berselebrasi usai cetak gol ke gawang Prancis. -X/@EURO2024-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Timnas Spanyol dipastikan lolos ke Final EURO 2024 usai menyingkirkan Prancis dengan skor tipis 2-1. Lamine Yamal menjadi MVP pada pertandingan sarat gengsi antar negara ini. 

Jalannya pertandingan 

La Furia Roja menaklukkan Prancis dengan skor 2-1 dalam laga semifinal yang berlangsung di Allianz Arena, Munich, Jerman, Rabu (10/7/2024) dini hari.

Gol-gol kemenangan Spanyol dicetak oleh Lamine Yamal pada menit ke-21 dan Dani Olmo empat menit berselang. Sementara gol Les Blues dibubukukan oleh Randal Kolo Muani pada menit ke-8.

BACA JUGA:Mbappe Akui Tampil Buruk, Prancis Tumbang di Semifinal Euro 2024

Les Bleus sebenarnya unggul lebih dulu pada menit sembilan melalui sundulan Randal Kolo Muani yang dengan bebas menerima umpan silang Kylian Mbappe.

Spanyol tidak menyerah. pada menit ke-21 sang Wonderkid, atau tukang gendong tim, Lamine Yamal mencetak gol spektakuler melalui tendangan dari luar kotak penalti.

Kiper Prancis Mike Maignan gagal mengantisipasi bola tendangan Yamal yang bersarang di pojok kanan atas gawang.

Pada menit ke-25, Spanyol berbalik unggul melalui gol Dani Olmo. Tendangan mendatar Olmo gagal diantisipasi Jules Kounde dengan sempurna hingga bola bersarang ke gawang sendiri. Hingga peluit panjang, skor 2-1 tidak berubah. 

BACA JUGA:Singkirkan Turki, Belanda Tantang Inggris di Semifinal UEFA Euro 2024

Tukang Gendong Tim 

Sepanjang perhelatan EURO 2024 nama Lamine Yamal menjadi yang paling disorot. Bagaimana tidak. Ia merupakan pemain paling muda yang mencetak gol di EURO 2024 di usia 16 tahun. 

Tidak cuma pencetak gol termuda. Dikutip akun X @Fabrizio Romano, rekor "muda" Yamal tidak melulu tentang gol.  Ia merupakan pemain termuda yang paling banyak mencetak assist di EURO 2024 sebanyak tiga assist.

Yamal juga merupakan pemain paling muda yang bermain di kompetisi EURO 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: