Dishub Samarinda Fokus Tingkatkan Kualitas Pengemudi Angkot dan Taksi

Dishub Samarinda Fokus Tingkatkan Kualitas Pengemudi Angkot dan Taksi

Abdiyasa Teladan 2024 yang digelar oleh Dishub Samarinda di Hotel Grand Sawit.--

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda menggelar pemilihan Abdi Yasa Teladan tahun 2024, di Hotel Grand Sawit Samarinda. 

Abdiyasa Teladan itu diikuti 27 peserta terdiri dari pengemudi angkutan kota (angkot), dan taksi center yang beroperasi di Kota Tepian.

Kasi Keselamatan Jalan Dishub Kota Samarinda, Mochamad Erlan menyampaikan kegiatan ini penting untuk memastikan pemahaman para pengemudi. Termasuk para supir angkot agar dapat memahami peraturan lalu lintas, rambu dan tata cara keselamatan saat melayani penumpang.

BACA JUGA:Jalan Sultan Sulaiman Masih Rusak, Warga Melintas Bergantian

"Kami melibatkan kurang lebih 20 pengemudi angkot tahun ini, lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, karena kami ingin mereka menjadi teladan yang bisa menyampaikan pengetahuan ini kepada rekan-rekan mereka," kata Mochamad Erlan, saat diwawancarai langsung.

Peserta yang berhasil, lanjut Erlan, akan menjadi Abdiyasa Teladan Kota Samarinda. Kemudian, pemenang melanjutkan ke tingkat provinsi yang diselenggarakan pada 26-27 Juni 2024 di Hotel Haris Samarinda. 

Adapun proses penilaian berdasarkan keterampilan, disiplin, dan pengetahuan dalam bidang keselamatan jalan.

Di waktu yang sama, Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Keselamatan Dishub Samarinda, Marlian Rizal menambahkan kegiatan ini mengangkat tema keselamatan.

Marlian Rizal yang juga menjadi narasumber menekankan pentingnya pemahaman tentang SOP keselamatan di jalan raya dan asuransi Jasa Raharja

BACA JUGA:Pelaku Pembunuhan Berencana Menantu Terhadap Mertua Tertangkap

Peserta pun dibekali lima materi untuk memberikan pemahaman tentang keselamatan. Termasuk, materi dari Jasa Raharja terkait manajemen pasca kecelakaan. 

"Peserta pemahamannya cukup baik, mereka sudah paham akan tugas dan tanggung jawab sebagai pengemudi," ucap Rizal, sapaan akrabnya.

Muhammad Jamil peserta Abdiyasa Teladan 2024 yang juga pengemudi taksi sentra turut mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengungkapkan rasa terimakasih atas penyampaian materi yang jelas dan disampaikan oleh narasumber yang kompeten. Ia menyebut pemahaman mengenai Jasa Raharja justru belum pernah ia terima sebelumnya. 

"Pelajaran hari ini sangat bermanfaat, terutama terkait asuransi Jasa Raharja yang sebelumnya tidak kami ketahui," ujar Jamil, seorang pengemudi taksi sentral.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: