Peralatan dan Armada Penunjang Kinerja BPBD Berau Perlu Peremajaan

Peralatan dan Armada Penunjang Kinerja BPBD Berau Perlu Peremajaan

Unit Pemadam Kebakaran BPBD Berau-(Disway Kaltim)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Sejumlah perlengkapan untuk menunjang kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, perlu dilakukan Peremajaan.

Peremajaan perlengkapan tersebut dinilai sangat penting dilakukan untuk menghadapi potensi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi di Bumi Batiwakkal.

Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Syarifatul Syadiah, meminta Pemkab Berau mendukung regenerasi peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), terutama peralatan yang digunakan untuk pemadaman kebakaran.

“Peremajaan ini juga harus menjadi prioritas Pemkab Berau. Karena pekerjaan dari BPBD ini, juga menentukan keselamatan nyawa dan harta korban yang mengalami bencana, terutama ketika terjadi kebakaran,” kata Syarifatul, Selasa (11/6/2024).

BACA JUGA : Sempat Tersendat, Pembangunan Gapura Selamat Datang Kabupaten Berau Kembali Berlanjut

Menurutnya, selain sumber daya manusia (SDM), peralatan yang digunakan juga menjadi faktor utama dalam keberhasilan menangani suatu bencana.

Apalagi, kata dia, yang namanya musibah tidak bisa diprediksi, sehingga diperlukan kesiapan SDM dan peralatan penunjang yang mumpuni.

“Kalau peralatannya rusak atau tidak berfungsi dengan baik, itu akan menghambat respon cepat tim BPBD. Ini yang tidak kita inginkan terjadi,” ujarnya.

 

 

Terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Berau, Nofian Hidayat, mengungkapkan, sejumlah perlengkapan untuk menunjang kinerja BPBD Berau, bakal diremajakan melalui Anggaran Biaya Tambahan (ABT) tahun 2024.

Sejumlah perlengkapan yang perlu diremajakan diantaranya perlengkapan Search and Rescue (SAR) beserta armadanya, baik itu SAR darat maupun SAR air. Serta peralatan climbing.

“Kita memang butuh peremajaan beberapa perlengkapan, termasuk alat-alat pemadam kebakaran (damkar), tapi anggarannya di ABT,” ungkap Nofian Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: