Beri Atensi Armada BPBD, Agar Siap Hadapi Medan Sulit

Beri Atensi Armada BPBD, Agar Siap Hadapi Medan Sulit

Anggota DPRD Kutim, Jimmi. --


KUTIM, NOMORSATUKALTIM
– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim belum memiliki armada yang bisa menjangkau medan sulit.

Padahal dalam kondisi darurat, BPBD diminta bisa bertindak sigap dan cepat merespons keadaan.  

Hal ini menjadi perhatian anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur, Jimmi. Ia menyebut BPBD perlu mendapat tambahan armada dalam mendukung tugasnya.

Meskipun armada yang dimiliki BPBD saat ini sudah memadai, masih ada kebutuhan mendesak untuk kendaraan yang mampu menempuh segala medan.

"Kemarin kan BPBD armadanya sudah bagus, cuma untuk masuk ke medan itu perlu jalan yang bagus. Jadi, kita belum punya armada yang bisa menempuh segala medan. Itu yang perlu dipertimbangkan," ujar Jimmi, belum lama ini.

Jimmi menegaskan bahwa untuk meningkatkan responsivitas BPBD, diperlukan peralatan tambahan seperti selang dan roda yang sesuai untuk semua jenis medan. Jadi, selang dan roda untuk semua medan itu saya kira dibutuhkan," tambahnya.

Selain itu, ia juga menyinggung tentang kemungkinan pengadaan helikopter pemadam kebakaran. Meskipun dianggap mungkin, Jimmi mengingatkan tentang biaya perawatan yang tinggi.  "Kalau pengadaan helikopter pemadam kebakaran itu mungkin bisa saja, hanya saja perawatannya mahal," jelasnya.

Jimmi menekankan bahwa peningkatan fasilitas dan armada BPBD sangat penting untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi bencana di berbagai kondisi medan di Kutim.

"Kita harus memastikan BPBD kita siap untuk semua medan, agar mereka bisa bertindak cepat dan efektif dalam keadaan darurat," katanya.

Dengan peningkatan armada dan peralatan yang tepat, diharapkan BPBD Kutim dapat beroperasi lebih optimal dalam menangani bencana di wilayah Kutim. "Upaya ini penting demi keselamatan dan keamanan masyarakat Kutai Timur," pungkasnya. (*/adv/one)

Post View: website counter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: