Dinsos Kukar Lakukan Validasi Data Masyarakat, Hamly: Supaya Tepat Sasaran

Dinsos Kukar Lakukan Validasi Data Masyarakat, Hamly: Supaya Tepat Sasaran

Kepala Dinsos Kukar, Hamly.-ist-diskominfo kukar


--
KUKAR, NOMORSATUKALTIM- Dinas Sosial Kabupaten Kutai Kartanegara (Dinsos Kukar) terus berupaya dalam memvalidasi data strata masyarakat di wilayah Kukar.

Pendataan ini dilakukan guna memastikan dan mempermudah pendataan golongan masyarakat. Sehingga jika nantinya ada masyarakat yang membutuhkan, bantuan yang diberikan dapat tersalurkan dengan tepat.

Atas hal itu, Kepala Dinsos Kukar Hamly mengatakan, pihaknya tengah melakukan pembenahan data melalui aplikasi database dan pendataan secara manual.

“Kadang kala, petugas lapangan belum sepenuhnya paham proses pendataan yang benar. Mereka seringkali hanya mengunjungi rumah-rumah tanpa memastikan data yang valid,” ujar Hamly.

Hamly juga mengungkapkan bahwa komunikasi intensif antar warga juga menjadi kunci utama dalam memvalidasi data di lapangan. Meski begitu, juga diperlukan kerjasama antar masyarakat dan aparat setempat untuk mencatat perubahan data dengan segera.

“Kita harus lebih aktif berkomunikasi di lapangan supaya data yang kita punya selalu up-to-date. Penting bagi keluarga untuk melaporkan ke RT jika ada perubahan seperti pindah rumah,” tambah Hamly.

Lebih lanjut, Hamly juga mengatakan pentingnya edukasi kepada petugas pendataan agar data yang didapat lebih tepat dan akurat.

“Kami tidak hanya memperbarui data, tetapi juga memberi pelatihan kepada petugas lapangan agar mereka dapat melakukan pendataan dengan lebih efektif,” tutup Hamly. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: