Para Orang Tua Simak! Kenali Gejala Lupus Seperti Ini Pada Anak

Para Orang Tua Simak! Kenali Gejala Lupus Seperti Ini Pada Anak

Jangan anggap remeh, kenali gejala penyakit lupus pada anak. -freepik-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Tak hanya orang dewasa, penyakit lupus juga bisa dialami anak-anak. Kalau tidak segera ditangani, penyakit ini tentu bakal berbahaya bagi tubuh anak. 

Dokter spesialis anak-konsultan, Reni Ghrahani Dewi Majangsari mengakui sulitnya mengidentifikasi lupus pada anak. Orang tua perlu diedukasi mengenai lupus pada anak agar penyakit bisa ditangani dan terkontrol. Memang beberapa gejala kadang dikaitkan dengan penyakit lainnya. Orang tua tetap harus wasapda jika gejala-gejala tersebut mulai terjadi pada anak. Berikut tanda-tanda anak dicurigai mengidap lupus

1. Demam berulang

Gejala awal yang paling mudah dikenali adalah demam berulang. Demam bervariasi, mulai dari demam tidak tinggi sampai demam tinggi.

"Kemudian sering juga anak mungkin dianjurkan rawat inap dengan [kecurigaan] berbagai jenis penyakit tetapi respons terhadap pengobatan kurang bagus," kata Reni. 

2. mudah lelah

Orang tua perlu memperhatikan kondisi fisik anak. Tanda awal lupus biasanya ditandai dengan kelelahan tanpa sebab yang jelas.

Reni berkata, anak bisa tampak kelelahan meski tidak ada aktivitas intens atau berat.

BACA JUGA:Ternyata Ini Daerah Paling Berbahaya di Pantai, Orang Tua Wajib Kenali Ciri-cirinya

"Cirinya, dia enggak mau main karena lelah. Kalau anak remaja, gampang mengeluh kalau lelah, lemah. Anak kecil mungkin tidak mengeluh, tapi enggak mau main," jelasnya.

3. Nyeri pada otot atau sendi

Tanda lain lupus pada anak berupa nyeri berulang pada otot atau sendi. Kondisi ini juga disebut nyeri muskuloskeletal. Nyeri terasa makin parah di pagi hari.

"Anak sering enggak bisa langsung aktivitas. Dikira males oleh orang sekitar," imbuh Reni.

4. Penurunan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: