Jembatan Teluk Sumbang Hancur Akibat Hujan Deras

Jembatan Teluk Sumbang Hancur Akibat Hujan Deras

kondisi Jembatan teluk sumbang.-istimewa-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Hujan deras yang mengguyur Kecamatan BidukBiduk sebabkan Jembatan Teluk Sumbang hancur terkena hantaman arus deras sungai. 

Camat Bidukbiduk, Hasmawi mengucapkan bahwa jembatan tersebut baru selesai diperbaiki pada Desember 2023 lalu. Akibat hujan deras disertai angin kencang yang berlangsung cukup lama menyebabkan jembatan tersebut hancur.

“Hujan deras ini memang dari pagi, sehingga air bah itu turun apalagi ini kan diujung posisinya ke laut sudah,” ujarnya, Minggu 5 Mei 2024. 

Setelah kejadian itu, dirinya langsung melaporkan kejadian tersebut kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk segera ditindaklanjuti.

BACA JUGA:Angka Kemiskinan dan Pengangguran di Berau Perlu Diperjelas

“Sudah kami laporkan juga di grup, saya juga berencana akan melapor dengan Bupati untuk meminta petunjuk,” ungkapnya. 

Kemudian, Hasmawi juga meminta pemerintah kampung, khususnya Sekretaris Kampung Teluk Sumbang agar dapat memantau kebutuhan dan keluhan masyarakat yang aksesnya terputus.

“Ini kita minta aparat di kampung sigap dan peka dengan kebutuhan masyarakat,” pungkasnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, Fendra Firnawan mengatakan bahwa dirinya telah menerima laporan terkait rusaknya kembali Jembatan Teluk Sumbang. Dengan itu, pihaknya langsung menerjunkan beberapa anggota menuju lokasi tersebut untuk melakukan pemantauan.

“Ini anggota sudah ada yang kesana untuk pemantauan,” ujarnya. 

 

Selain itu, penanganan jangka pendek yang dilakukan adalah mengalihkan jalur pemukiman menuju jalur baru akses jalan poros kampung. Jalur tersebut memungkinkan masyarakat mengakses jalan tanpa harus menyeberenagi sungai.

“Memang jalannya juga masih dalam perawatan sehingga bisa nyaman dilalui,” ungkapnya. 

Untuk sementara ini, akses jalan menuju pemukiman terdampak akan dialihkan sementara sembari pemerintah menentukan penanganan tepat terhadap jembatan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: