Waspada, Penyakit Ini Sering Muncul Saat Lebaran

Waspada, Penyakit Ini Sering Muncul Saat Lebaran

Ilustrasi makanan lebaran.-freepik-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Masih dalam nuansa lebaran  Idulfitri, ternyata masih banyak dari kita yang mendadak lupa mengontrol porsi makanan. Padahal itu menjadi salah satu pintu memicu tejadinya penyakit. 

Karena itu sebaiknya kita perlu waspada agar tidak memicu beragam penyakit yang muncul ketika lebaran . Ada beberapa penyakit yang biasanya muncul, dampak dari pola makan yang berubah drastis tersebut. Berikut beberapa penyakit yang bisa ditimbulkan, ketika kita mengonsumsi menu lebaran  secara berlebihan: 

1. Gangguan Pencernaan

Kecenderungan makan berlebihan saat lebaran  ternyata dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti asam lambung atau gastritis. Untuk mencegahnya, batasi porsi makan Anda dan hindari makanan yang pedas, asam atau berlemak. Bukan tidak boleh, tapi mengurangi porsinya mungkin jauh lebih bagus. 

2. Naiknya berat badan

Pola makan yang tidak terkontrol selama lebaran  dapat menyebabkan naiknya berat badan secara tiba-tiba. Hal ini tentu mengesalkan apalagi bagi Anda yang sudah ebrjuang menjaga berat badan ideal selama puasa.  Mulai atur pola makan dan rutinitas olahraga, serta hindari makanan tinggi gula dan lemak.

BACA JUGA:Makanan Sehat Rendah Garam untuk Kamu Penderita Hipertensi yang Jalani Program Diet

3. Dehidrasi

Saat lebaran, ada kecenderungan untuk mengabaikan kebutuhan minum air putih. Pastikan untuk mengonsumsi cukup air putih, hindari minuman berkafein atau beralkohol, dan konsumsi buah-buahan yang kaya akan air.

4. Naiknya kadar kolesterol dan gula darah

Dikutip dari Halodoc, makanan manis dan berlemak yang dikonsumsi berlebihan, terutama saat lebaran, dapat meningkatkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Waspadai gejala seperti nyeri dada atau lengan saat stres atau melakukan aktivitas fisik berat. Batasi konsumsi makanan tersebut dan monitor kesehatan Anda secara berkala.

6. Flu atau Pilek

Pertemuan banyak orang saat lebaran dapat meningkatkan risiko penyebaran flu dan pilek. Untuk menghindarinya, batasi kontak fisik seperti berjabat tangan dan selalu cuci tangan sebelum dan setelah makan atau berinteraksi dengan orang lain.

BACA JUGA:3 Rencana Diet Terbaik, Buat Badan Jadi Sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: