Persiapan Idulfitri 1445 Hijriah, Rumah Potong Hewan Grogot Sembelih 80 Ekor Sapi

Persiapan Idulfitri 1445 Hijriah, Rumah Potong Hewan Grogot Sembelih 80 Ekor Sapi

Sapi jenis brahman dan Bali banyak disembelih UPTD RPH Tanah Grogot untuk ketersediaan daging selama Idulfitri. -istimewa-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Guna memenuhi stok kebutuhan daging selama Idulfitri 1445 Hijriah, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Potong Hewan (RPH) Tanah Grogot menyembelih 80 ekor sapi.

"Mulai dilakukan penyembelihan 1 sampai 9 April," kata Kepala UPTD RPH Tanah Grogot, Mahmudi, Jumat 12 April 2024. 

Dikatakannya, sembelih sapi di RPH mengalami peningkatan tiga hari jelang lebaran. Diketahui dalam satu hari belasan ekor sapi disembelih. Untuk waktu penyembelihan dilakukan mulai pukul 01.00 hingga 09.00 Wita.

"Tiga hari mau lebaran kita sembelih 18 ekor sapi setiap harinya. Sapi yang disembelih jenis brahman dan Bali," tuturnya.

BACA JUGA:483 Warga Binaan Rutan Tanah Grogot Terima Remisi Idulfitri

Adapun sapi yang disembelih berasal dari Kota Samarinda hingga Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Sementara untuk di Kabupaten Paser belum memilliki peternakan sapi yang cukup besar.

"Terkadang para pedagang juga mengambil sapi dari peternak lokal dan disembelih di RPH Tanah Grogot," jelasnya.

Ia menjamin sapi yang disembelih UPTD RPH Tanah Grogot bebas dari penyakit menular. Sementara untuk prosedur penyembelihan, dijelaskannya sebelum dan sesudah sembelih, dilakukan pengecekan kelayakan daging untuk dikonsumsi.

"Ada petugas kesehatan yang memeriksa sebelum dan sesudah pemotongan, termasuk juga petugas sembelih yang memiliki sertifikat," ucapnya.

BACA JUGA:Penuh Khidmat, Umat Muslim Grogot Laksanakan Salat Idulfitri di Masjid Agung Nurul Falah

Untuk proses pemotongan hewan sapi sampai selesai memakan waktu 1 jam. Dimulai dari proses penyembelihan hingga pengulitan. Untuk saat inin, stok sapi di RPH Tanah Grogot tersisa lima ekor. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: