Disdag dan Polresta Balikpapan Sidak ke SPBU, Hasilnya….

Disdag dan Polresta Balikpapan Sidak ke SPBU, Hasilnya….

Disdag dan Polresta Balikpapan saat melakukan sidak kualitas BBM di SPBU MT Haryono, Senin (1/4/2024). -Chandra/Disway-

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Dinas Perdagangan (Disdag) dan Polresta Balikpapan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Balikpapan, pada Senin 1 Maret 2024.

Beberapa lokasi tersebut di antaranya: SPBU di Jalan MT Haryono dan SPBU di ruas Jalan Soekarno-Hatta. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan takaran dan kualitas bahan bakar minyak (BBM) yang dijual kepada masyarakat, terutama menjelang libur mudik Idulfitri 1445 Hijriah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disdag Balikpapan, M Anwar.

BACA JUGA:Polda Kaltim Gagalkan 407 Narkoba Siap Edar, Sita Uang Tunai Rp 1,46 Miliar

Anwar menjelaskan bahwa tim inspeksi fokus pada pengawasan kemetrologian. Hal ini bertujuan untuk memastikan takaran BBM di SPBU sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah. Terutama, tim memeriksa kuantitas dan kualitas BBM jenis Pertalite dan Pertamax, yang paling banyak diminati masyarakat.

“Hasilnya, baik pertalite maupun pertamax, tidak ada yang kurang dari seharusnya,” ujar Anwar.

Menurutnya, hasil sidak menunjukkan bahwa takaran BBM di SPBU yang disidak hari ini sesuai dengan standar yang ditetapkan. Pihaknya juga menegaskan bahwa Disdag Balikpapan akan rutin melakukan sidak SPBU setiap bulan. Tujuannya untuk memastikan hak konsumen dan menjaga kualitas BBM yang dijual.

Disisi lain, perwakilan dari Polresta Balikpapan turut hadir dalam sidak hari ini yaitu, Kasatreskrim Polresta Balikpapan Kompol Ricky Sibarani, Kanit Tipidter Polresta Balikpapan Iptu Wirawan Trisnadi dan Kasi Humas Polresta Balikpapan, Ipda Sangidun.

BACA JUGA:Antisipasi Penimbunan BBM, Polresta Balikpapan Patroli ke Sejumlah SPBU

“Giat pengecekan ini terkait tera dan kandungan kadar (BBM),” ungkap Ipda Sangidun.

Selama berjalannya inspeksi ini, pengecekan terlebih dahulu dilakukan pada takaran dalam satuan liter, yang diawasi oleh pihak Disdag Balikpapan.

“Dengan inspeksi ini, Dinas Perdagangan dan Polresta Balikpapan berkomitmen untuk memastikan masyarakat mendapatkan BBM yang berkualitas dan sesuai dengan takaran yang seharusnya. Semua dilakukan demi keamanan dan kepuasan konsumen,” tandas Ipda Sangidun. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: