Produksi Perikanan di Paser Tembus 25.980 Ton

Produksi Perikanan di Paser Tembus 25.980 Ton

Ikan tangkap nelayan di Desa Lori, Kecamatan Tanjung Harapan. -istimewa-

PASER, NOMORSATUKALTIM – Produksi perikanan di Paser selama 2023 mencapai 25.980 ton. Dengan rincian ikan tangkap capai 12.580 ton dan pembudidaya tambak 13.400 ton.

"Ada surplus mencapai 6.170 ton dibandingkan 2022 lalu," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Paser, Sadaruddin, Rabu 20 Maret 2024. 

Diketahui, total kebutuhan dalam daerah pada 2022 mencapai 19.880 ton. Ia mengatakan, produksi hasil perikanan (segar dan olahan) Kabupaten Paser dipasarkan ke berbagai daerah. Bahkan hingga Balikpapan, Samarinda, Makassar hingga wilayah Kalimantan Selatan.

Dengan hadirnya IKN Nusantara dikatakannya menjadi pasar baru untuk produksi ikan dari Kabupaten Paser.

"Dengan adanya IKN ini, tentu akan menambah tujuan pemasaran baru untuk memenuhi kebutuhan di IKN karena ada penambahan atau kedatangan penduduk baru yang cukup besar," ungkapnya. 

Jumlah penduduk Kabupaten Paser sekira 280 ribu jiwa, angka konsumsi ikan mencapai 57 kilogram per kapita per tahun. Produksi perikanan diperkirakan surplus hingga 12.605 ton. 

"Kalau nanti ada sekitar 2 juta lebih orang yang datang ke IKN, kami bisa menyanggupi sekitar 23,48 persen untuk dipasok kesana," terangnya.

Namun dari angka tersebut, tidak menutup kemungkinan jumlah ikan yang bisa dipasok ke IKN bisa ditingkatkan. 

"Masih memungkinkan untuk kita tingkatkan, karena kami juga sudah banyak membekali masyarakat dengan pelatihan. Mulai dari budidaya, hingga pada pemanfaatan kolam terpal lele, nila dan sebagainya," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: