Stok Daging Selama Ramadan dan Idulfitri di Paser Dipastikan Aman

Stok Daging Selama Ramadan dan Idulfitri di Paser Dipastikan Aman

Penjual daging sapi di Pasar Induk Penyembolum Senaken, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser. (dok Disway)--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Ketersedian daging selama Ramadan 1445 Hijriah di Kabupaten Paser dipastikan aman, pasokannya yang ada diperkirakan mencukupi hingga Idulfitri. Masyarakat tak perlu khawatir kehabisan stok.

Hal tersebut berdasarkan hasil pantauan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser. Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Paser, drh Al Habib mengatakan, ketersediaan ternak dalam memenuhi kebutuhan daging dipastikan tercukupi. 

"Pantauan kami untuk stok ternak potong jelang Ramadan dan lebaran, InshAllah aman," terang Al Habib, Jumat (8/3/2024). 

Ia menyebut, saat ini masih ada potensi terjadinya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Disbunak rutin melakukan pemeriksaan dan memantau lalu-lalang ternak dari luar daerah Kaltim.

Mengacu pada Ramadan sebelumnya, kebutuhan rata-rata konsumsi daging sapi saat memasuki bulan Ramadan dan Idulfitri sekitar 195 ekor. Ternak tersebut, tidak hanya berasal dari Kabupaten Paser namun 65 persen diantaranya dipasok dari luar daerah. 

"Kemampuan lokal kita (Paser) hanya 35 persen sisanya dari luar Kaltim," ungkapnya.

Masyarakat Paser paling banyak mengkonsumsi daging sapi dan unggas setiap momentum perayaan hari-hari besar keagamaan. Kedepannya, Disbunak Paser akan membangun beberapa kandang ayam pedaging dan petelur di beberapa kecamatan. 

"Tujuannya untuk menyiapkan pasokan dalam daerah dan menyuplai kebutuhan di IKN, Insya Allah tahun ini kita bangun kandangnya," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: