Pengendara Wajib Waspada Banyak Lampu PJU Jalur Kuaro - Grogot Mati

Pengendara Wajib Waspada Banyak Lampu PJU Jalur Kuaro - Grogot Mati

Lampu PJU di Kecamatan Kuaro banyak yang redup hingga mati total. (ist)--

PASER, NOMORSATUKALTIM - Tidak semua lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser berfungsi maksimal.

Sebagian mati total dan terdapat juga yang pencahayaannya redup.

Camat Kuaro, Finandar Astaman mengatakan banyaknya PJU yang tak berfungsi optimal berada di median Jenderal Sudirman atau sekitar traffic light.

Dengan penerangan yang minim menyulitkan pengendara melintas malam hari.

"Sebagian besar penerangan jalan umum yang ada di sepanjang jalur dua (Kecamatan Kuaro) tidak menyala dan ada juga pencahayaanya sudah tidak maksimal," kata Finandar, Kamis (22/2/2024).

Perihal persoalan itu, Finandar telah menyampaikan ke Bupati Paser, Fahmi Fadli saat meninjau fasilitas umum yang ada di wilayah Kecamatan Kuaro.

Terpisah, Fahmi Fadli mengatakan telah meminta kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser untuk mengentaskan masalah PJU di Kecamatan Kuaro, mulai lampu yang redup hingga mati total.

"Untuk PJU di Kecamatan Kuaro sepanjang jalur dua ada yang masih menggunakan tenaga surya," sambungnya.

PJU dengan tenaga surya perihal perawatan membutuhkan tenaga teknis khusus dan berbiaya tinggi. Untuk itu kata Fahmi, kepala Dishub dapat mengganti dengan penerangan jalan konvensional.

"Sehingga perawatannya mudah dilakukan," terangnya.

Dikatannya, Kuaro merupakan pelataran dan mewakili gambaran kondisi Kabupaten Paser. Dikarenakan wilayah Kuaro dilalui pengendara yang ingin ke Kecamatan Tanah Grogot maupun Muara Komam.

Sehingga harus dapat berbenah termasuk penataan dan pemeliharaan fasilitas umum harus benar-benar diperhatikan.

Fahmi yakin pembenahan secara perlahan namun pasti dapat mengenai PJU dapat dilakukan Finandar. Untuk jangka pendek orang nomor satu di Kabupaten Paser ini memerintahkan camat Kuaro untuk segera berkoordinasi kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Camat bisa segera berkoordinasi dengan kepala Dinas Perhubungan agar prosesnya dapat berjalan sesuai dengan rencana, termasuk untuk mengkoordinasikan lampu penerangan jalan umum di median jalan Desa lolo. Dimana menjadi akses masuk menuju Kecamatan muara samu," tutup Fahmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: