BMKG Minta Warga di Kawasan Pesisir Waspada Potensi Gelombang Tinggi yang Terjadi di Perairan Kabupaten Berau

BMKG Minta Warga di Kawasan Pesisir Waspada Potensi Gelombang Tinggi yang Terjadi di Perairan Kabupaten Berau

Grafik kondisi terkini cuaca di kabupaten Berau berdasarkan data BMKG-(ist)-

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat dan gelombang tinggi akan melanda Kabupaten Berau selama tiga hari ke depan.

Forecaster Stasiun Meteorologi Kalimarau Berau Suryadi mengatakan, untuk gelombang tinggi diperkirakan akan mencapai 2 meter.

"Untuk prakiraan 3 hari ke depan memang masih ada potensi hujan disertai angin kencang di wilayah Berau, terutama kepulauan Derawan dan sekitarnya," ungkap Suryadi.

Terdapat potensi angin kencang yang disebabkan oleh pertumbuhan awan cumulonimbus, yang akan menghampiri Bumi Batiwakkal.

"Angin kencang ini disebabkan karena pertumbuhan awan konfektif (cumulunimbus)," imbuhnya.

Suryadi mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dalam beraktivitas di luar ruangan, khususnya masyarakat yang berada di kawasan pesisir Kabupaten Berau.

"Selalu waspada terhadap bencana hidrometeorologi yang akan terjadi, seperti banjir, tanah longsor ataupun angin kencang," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis ramalan cuaca Kalimantan Timur (Kaltim), untuk hari Selasa (13/2/2024).

Sebagian besar wilayah Kaltim diramalkan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.   

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terhadap datangnya hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada pagi, siang dan malam hari di sejumlah wilayah.

"Peringatan Dini: Waspada terjadi Hujan Lebat dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang pagi hari di wilayah Sengata dan Kaliorang," tulis BMKG dalam rilisnya, Selasa (13/2/2024).

Sementara itu, sebagian besar ibu kota kabupaten/kota di Kalimantan Timur diramalkan diguyur hujan pada rentang waktu beragam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: