Sekda Sri Minta SAKIP dan Kinerja OPD Kaltim Berbanding Lurus

Sekda Sri Minta SAKIP dan Kinerja OPD Kaltim Berbanding Lurus

Sekda Kaltim, Sri Wahyuni saat memimpin rakor pembahasan SAKIP di salah satu hotel di Samarinda, Senin (15/1/2024).-(Dok. Adpimprov Kaltim)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Sri Wahyuni meminta level Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) berbanding lurus dengan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Seharusnya capaian kinerja dengan akuntabilitas kinerjanya bisa paralel atau linier, bukan tidak setara,” ujar Sri Wahyuni saat memimpin Rapat Koordinasi bersama pimpinan OPD, di Crystal Ballroom Hotel Mercure Samarinda, Senin (15/1/2024).

Sekda Sri Wahyuni mengingatkan, hasil SAKIP perangkat daerah di Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) mengalami penurunan di tahun 2023.

“Tahun ini ada penurunan. Padahal, tahun 2023 untuk capaian kinerja kita sudah sangat baik, atau mencapai 93 persen,” sebutnya.

BACA JUGA: KPU Kaltim Siapkan Dua TPS Lokasi Khusus di IKN Pada Pemilu 2024

Namun, kata Sri, ketika disandingkan dengan SAKIP, maka tidak berbanding lurus dengan kinerja OPD. Di saat capaian kinerja 93 persen, ternyata level SAKIP-nya menurun.

“Seharusnya capaian kinerja dengan akuntabilitas kinerjanya bisa paralel atau linier, bukan tidak setara,” tegas Sekda Kaltim.

Karenanya, Sekda meminta perangkat daerah bersama-sama mengevaluasi SAKIP di masing-masing.

Selama ini, SAKIP dianggap menjadi tugas staf program atau sekretaris, sehingga kepala perangkat daerah tidak mengawalnya.

“Padahal outputnya SAKIP itu berkenaan kinerja kepala perangkat daerah,” ungkapnya.

Karena itu, Sri menegaskan, kinerja perangkat daerah bukan semata dilihat dari capaian realisasi, tetapi juga pertanggungjawabannya.

“Kan menjadi anomali kalau kinerja kita itu baik, tapi SAKIP kita belum baik. Selayaknya, realisasi 93 persen itu, SAKIP kita bisa A, bukannya turun BB,” keluhnya.

BACA JUGA: Urai Kemacetan, Pemprov Kaltim Buka Akses Penghubung Jl Letjend S Parman - KH Samanhudi Samarinda

Sekda tidak menampik masih ada SAKIP perangkat daerah di posisi B. Bahkan ada satu perangkat daerah di level CC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: