KPU Paser: Proses Sortir dan Lipat Surat Suara di Kisaran 80 Persen

 KPU Paser: Proses Sortir dan Lipat Surat Suara di Kisaran 80 Persen

Proses sortir dan lipat Surat Suara Pemilu 2024 di gudang penyimpanan logistik KPU di Jalan DI Panjaitan Desa Tapis, Kecamatan Tanah Grogot, Paser. -(Disway Kaltim/ Awal)-

PASER, NOMORSATUKALTIM - Proses sortir dan lipat Surat Suara Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser hampir selesai. 

Proses sortir dan lipat surat suara di Bumi Daya Taka, nama lain Kabupaten Paser, ditarget rampung pada 20 Januari 2004 nanti.

"Saat ini proses pelipatan surat suara sudah di kisaran 80 persen untuk masing-masing dapil (daerah pemilihan)," kata Ketua KPU Kabupaten Paser, Abdul Qayyim Rasyid, Senin (15/1/2024).

Untuk tempat sortir dan pelipatan surat suara terbagi empat titik. 

Dapil 1 yakni Kecamatan Tanah Grogot berlangsung di Jalan Jenderal Sudirman (ex rumah Hatta Garit). 

Dapil 2 yang meliputi Kecamatan Kuaro, Batu Sopang, Muara Komam, Muara Samu berlangsung di gudang Perumahan Tapis.

Dapil 3 yakni, Kecamatan Long Ikis dan Long Kali dilakukan di Jalan DI Panjaitan Kecamatan Tanah Grogot. 

Serta untuk Dapil 4 yang mencakup Kecamatan Pasir Belengkong, Batu Sopang dan Tanjung Harapan dilakukan di areal Kantor KPU Paser di Jalan Jenderal Sudirman.

Pemilu 2024 yang berlangsung Februari nanti, tercatat 211.377 orang telah ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Paser. 

Total surat suara yang diterima KPU Kabupaten Paser 215.925 lembar. Angka itu telah ditambah 2 persen untuk masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"215.925 lembar itu masing-masing untuk Capres dan Cawapres, DPD dan DPR RI, dan DPRD Kaltim. Jumlah TPS di Kabupaten Paser ada 846 titik," sebutnya.

Qayyim melanjutkan, jumlah surat suara di tingkat kabupaten menyesuaikan DPT di masing-masing dapil dan ditambah 2 persen per TPS. 

Untuk Dapil 1 terdapat 59.133 lembar, Dapil 2 dengan jumlah 57.533 lembar.

"Sedangkan di dapil tiga serta empat masing-masing 52.722 dan 46.536 lembar surat suara," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: