Tips Menghilangkan Rasa Trauma Setelah Mengalami Kecelakaan

Tips Menghilangkan Rasa Trauma Setelah Mengalami Kecelakaan

Tips Menghilangkan Rasa Trauma Setelah Mengalami Kecelakaan-(ist)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Trauma akibat kecelakaan adalah keadaan emosional yang sering timbul setelah seseorang mengalami atau menyaksikan kejadian kecelakaan yang mengguncang.

Peristiwa semacam itu bisa memberikan dampak psikologis yang besar pada korban, mencakup perasaan ketakutan, kesedihan, kekhawatiran, bahkan hingga depresi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka yang mengalami trauma kecelakaan untuk mencari cara mengatasi dampak emosional tersebut dan memulihkan kesehatan mental mereka.

Dilansir dari laman choosingtherapy, berikut 10 cara mengatasi trauma pasca mengalami kecelakaan

 

1. Berusahalah untuk bersabar dengan diri sendiri

Kembangkan sikap kesabaran terhadap diri sendiri setelah mengalami kecelakaan, terutama jika Anda menunjukkan gejala PTSD (gangguan stres pascatrauma) atau stres pascatrauma.

PTSD kadang-kadang dapat menimbulkan perasaan malu karena mungkin Anda tidak memiliki kapasitas emosional yang sama seperti sebelum kejadian tersebut.

Menjaga kesabaran membantu mengalihkan kembali energi Anda menuju proses pemulihan.

 

2. Mencari Dukungan dari Orang-orang Terdekat

Dalam perjalanan pemulihan PTSD, memiliki sistem pendukung menjadi krusial. Dukungan sosial yang terus-menerus dari orang-orang yang Anda cintai dapat memberikan validasi emosional yang sangat berarti.

Selain itu, jaringan ini juga dapat berperan sebagai saluran untuk mengungkapkan pemikiran Anda dan memberikan sudut pandang yang berbeda ketika Anda menghadapi tantangan emosional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id