Proyek 'Little Chinatown' Kota Samarinda Dimulai Tahun ini

Proyek 'Little Chinatown' Kota Samarinda Dimulai Tahun ini

Kawasan pecinan Samarinda yang bersejarah sejak abad ke-19 akan direvitalisasi menjadi Little Chinatown Samarinda pada 2024. -(Disway/ Istimewa)-

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) berencana menata kawasan pecinan melalui proyek revitalisasi Little Chinatown mulai tahun ini.

Proyek revitalisasi Little Chinatown akan mencerminkan kekayaan budaya Tionghoa sebagai bagian dari sejarah Kota Tepian, sebutan lain Kota Samarinda.

"Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) merencanakan mengembangkan Little Chinatown yang melibatkan kawasan integral dari Jalan P Suriansyah hingga Jalan Niaga Timur," kata Wali Kota Samarinda, Andi Harun, dikutip dari Antara, Selasa (2/1/2024).

Menurutnya, kawasan tersebut merupakan bagian dari kawasan pecinan yang bersejarah sejak abad ke-19, berlokasi di dekat Pelabuhan Samarinda.

Andi Harun mengatakan, Kelenteng Thien Ie Kong yang berdiri sejak 1880 akan menjadi salah satu situs bersejarah yang diperbarui di kawasan ini.

Pemkot Samarinda juga merencanakan perbaikan trotoar, jaringan jalan, dan drainase, serta pembangunan pusat kuliner Tionghoa sebagai bagian dari komitmen mendukung sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Melalui proyek revitalisasi Little Chinatown, Pemkot Samarinda ingin menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru.

"Terutama untuk UMKM, dan membangun kawasan pariwisata berbasis kota," ujarnya.

Andi Harun memastikan, proyek ini tidak hanya berfokus pada infrastruktur, tetapi juga pada identitas unik yang mencerminkan kekayaan budaya Tionghoa yang tak lepas dari sejarah Kota Samarinda.

Langkah ini diharapkan menjadi bagian dari program kedua penataan Kota Samarinda yang dimulai pada awal tahun 2024.

"Kami berharap proyek ini akan mendapat dukungan masyarakat, karena dianggap kunci kesuksesan dan memberikan dampak positif jangka panjang bagi perkembangan kota," ucapnya.

Little Chinatown diharapkan menjadi destinasi wisata perkotaan yang tidak hanya memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi tetapi juga meningkatkan citra Kota Samarinda.

"Intinya saya ingin Samarinda menjadi kota dengan citra yang paling keren daripada kota yang lain," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: