Oktober, Tingkat Kunjungan Hotel Meningkat

Oktober, Tingkat Kunjungan Hotel Meningkat

Muhammad Zulkifli. (Istimewa)

Samarinda, DiswayKaltim.com – Geliat perekonomian Kaltim tahun ini membawa banyak dampak positif bagi sektor usaha.

Salah satunya tingkat penghunian hotel di sejumlah kabupaten/kota di Bumi Etam meningkat dibanding 2018.

Diketahui, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Kaltim pada Oktober 2019 mencapai 61,05 persen. Angka ini mengalami kenaikan 3,02 poin dibanding TPK September 2019.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kaltim pada Oktober 2019 sebanyak 320 kunjungan. Turun 95 kunjungan dibanding bulan sebelumnya yang berjumlah 415 kunjungan.

Sementara itu, jumlah wisatawan mancanegara pada Oktober 2019 jika dibandingkan Oktober 2018, turun 20 kunjungan.

Secara kumulatif, pada periode Januari- Oktober 2019, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke wilayah Kaltim mencapai 2.710 kunjungan.

Wisatawan dari luar negeri yang berkunjung dan menginap di hotel di Kaltim tersebut berasal dari Singapura (71 kunjungan), Jerman (30 kunjungan), dan India (24 kunjungan).

Sejalan dengan data tersebut, Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kaltim Muhammad Zulkifli mengungkapkan, pertumbuhan wisatawan dan pengunjung hotel di Kaltim mendorong sejumlah pengusaha membangun hotel di Samarinda.

“Memang pertumbuhan ekonomi yang tinggi itu membuat kunjungan dan daya beli masyarakat semakin tinggi,” jelasnya belum lama ini.

Pertumbuhan pengunjung hotel di Kaltim juga dipengaruhi pengoperasian Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto.

Bandara tersebut telah memudahkan para wisatawan dalam negeri dan mancanegara mengunjungi pariwisata di Kaltim. “Sehingga pengunjung hotel juga meningkat,” ungkapnya. (qn/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: